Analisis Kepercayaan, Keamanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Berbelanja Online Shop Shopee (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah STEBIS IGM)

Authors

  •  Tiara Agustin  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri
  •  Moh. Faizal  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri
  •  Choirunnisak  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.61930/jurbisman.v1i4.322

Keywords:

Kepercayaan, Keamanan, Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai analisis kepercayaan keamanan dan harga terhadap kepuasan konsumen berbelanja online shop Shopee, kepercayaan sangat penting untuk kepuasan konsumen kepercayaan yang tinggi oleh konsumen terhadap perusahaan akan dapat memberikan rasa puas konsumen dalam menggunakan produk atau jasa perusahaan, keamanan berperan penting dalam pembentukan atau meningkatkan sebuah kepercayaan dengan mengurangi perhatian konsumen tentang penyalahgunaan data pribadi dan transaksi data dan konsumen akan merasakan kepuasan dari pelayanan perusahaan apabila harga sesuai dengan apa yang didapatkan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan keamanan dan harga terhadap kepuasan konsumen berbelanja online shop Shopee. Penelitian ini dilakukan di Stebis Indo Global Mandiri yang dilaksanakan selama 2 bulan yaitu pada tanggal 1 April 2023 sampai tanggal 1 Juni 2023 dengan objek penelitian ini merupakan mahasiswa jurusan perbankan syariah dengan sampel sebanyak 120 responden dengan menggunakan metode kuantitatif, jenis data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu spss 25, uji koefisien determinasi, uji f dan uji t, pengujian instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabiilitas. Dapat disimpulkan bahwa secara parsial diketahui bahwa variabel kepercayaan tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, secara parsial variabel keamanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, secara parsial variabel harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan secara simultan diketahui bahwa variabel kepercayaan keamanan dan harga memilik pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen berbelanja online shop Shopee.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Tiara Agustin, Moh. Faizal, & Choirunnisak. (2023). Analisis Kepercayaan, Keamanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Berbelanja Online Shop Shopee (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah STEBIS IGM). Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JURBISMAN), 1(4), 1029–1040. https://doi.org/10.61930/jurbisman.v1i4.322