Analisis Strategi Pemasaran Pada Pembudidaya Ikan Patin Di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat Dalam Perspektif Ekonomi Syariah
DOI:
https://doi.org/10.61930/jurbisman.v2i1.538
Keywords:
Analisis SWOT, Bauran Pemasaran, Budidaya Ikan Patin, Strategi Pemasaran SyariahAbstract
Menilik sudah lamanya budidaya ikan patin berdiri ternyata Pembudidaya Ikan Patin Desa Penggalaman kurang memperhatikan promosi sebagai salah satu kegiatan pemasaran dalam meningkatkan pemasaran ikan patin. Rumusan masalah penelitian yaitu Bagaimana strategi pemasaran pada Pembudidaya Ikan Patin di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat dalam perspektif ekonomi syariah dan Bagaimana analisis SWOT dari strategi pemasaran Pembudidaya Ikan Patin di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti strategi pemasaran pada Pembudidaya Ikan Patin di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat dalam perspektif ekonomi syariah dan menganalisis faktor internal dan eksternal Pembudidaya Ikan Patin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif serta analisis SWOT sebagai alat identifikasi lingkungan internal dan eksternal Pembudidaya Ikan Patin. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi berjumlah 103 orang, sampel 10 responden. Penentuan besaran sampel menurut Gay dan Diehl (1992) yang menuliskan bahwa untuk penelitian deskriptif sampelnya 10% dari populasi. Peneliti melakukan observasi, kemudian mengumpulkan data melalui wawancara dengan Pembudidaya Ikan Patin Desa Penggalaman, serta dokumentasi sebagai pendukung penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembudidaya Ikan Patin telah menunjukkan penerapan bauran pemasaran tersebut sudah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan prinsip syariah, serta tidak ada unsur-unsur yang menyimpang dengan syariat islam dalam proses pemasarannya sesuai teladan Rasulullah. Dari hasil matriks analisis SWOT dapat dilihat bahwa Pembudidaya Ikan Patin, Strengths: modal, harga, kualitas ikan patin, serta pelayanan baik kepada pelanggan, Weaknesses: pemasaran, air, cuaca, penyakit, kurangnya dukungan pemerintah, pakan, harga, dan promosi, Opportunities: lokasi strategis dan usaha, Threats: hama dan pesaing.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aida Mulia, Akhmad Hulaify, Parman Komarudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.