Penerapan Pembelajaran Berbasis Metode Penyampaian Secara Lisan Dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Claudia Okpa Dewi Nasution Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang
  • Dodi Irawan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.520

Keywords:

Pembelajaran, Lisan, Pendidikan Islam

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode hafalan dalam pembelajaran pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode pengumpulan data ke perpustakaan dari berbagai sumber tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait penerapan metode pada pendidik Islam, sehingga pembahasannya dilakukan secara kualitatif atau menggunakan deskripsi tekstual. Penulisan dan penelusuran data diperoleh baik melalui dokumen tertulis maupun sumber media online. Hasil penelitian pada tataran pelaksanaan strategi pembelajaran adalah tataran pengajaran, pendekatan pengajaran dan penerapan prinsip pengajaran. Langkah selanjutnya teknik penerapan metode hafalan adalah memahami apa yang dihafal, mengulang sebelum menghafal, mendengarkan sebelum menghafal, menulis sebelum menghafal.

Downloads

Submitted

2024-02-24

Published

2024-02-24

How to Cite

Claudia Okpa Dewi Nasution, & Dodi Irawan. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis Metode Penyampaian Secara Lisan Dalam Pendidikan Islam. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 1(3), 551–560. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.520