Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Perpustakaan Secara Maksimal Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Authors

  • Indah Kumala Putri STAI Ibnu Rusyd Kotabumi
  • Nurul Maftukha STAI Ibnu Rusyd Kotabumi
  • Lisa Amilina STAI Ibnu Rusyd Kotabumi
  • Dr. Meilisa Sajdah, M. Pd.I STAI Ibnu Rusyd Kotabumi

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.568

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Fasilitas Perpustakaan, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan fasilitas perpustakaan terhadap keberhasilan belajar mahasiswa Universitas Samudra. Populasi penelitian ini terdiri dari 1.098 mahasiswa Universitas Samudra yang mendaftar pada tahun 2023, dan jumlah sampel responden sebanyak 92 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probabilitas dengan random sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda, uji t dan uji F menggunakan persamaan regresi, dan digunakan nilai koefisien determinasi (R2)Pb = 4,736 + 0,314 Kp + 0,387 Fp.

Nilai yang ditentukan dalam penelitian ini adalah 0,429 atau 42,9%. Dengan menggunakan uji t terlihat bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif (+) dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Sedangkan uji t variabel fasilitas perpustakaan sebesar 4,918 dengan signifikansi 0,000 <0,05 Dan kami menemukan bahwa berbagai fasilitas perpustakaan mempunyai pengaruh positif (+) dan signifikan terhadap keberhasilan belajar siswa. Uji F dapat digunakan untuk mengetahui apakah kualitas layanan dan fasilitas perpustakaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan belajar mahasiswa Universitas Samudra

Downloads

Submitted

2024-04-05

Accepted

2024-04-06

Published

2024-04-07

How to Cite

Indah Kumala Putri, Nurul Maftukha, Lisa Amilina, & Dr. Meilisa Sajdah, M. Pd.I. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Perpustakaan Secara Maksimal Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(1), 25–36. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.568