Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Sekitar Sebagai Upaya Pendidikan Konservasi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Arindah Isro Ahadiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang
  • Nursiwi Nugraheni Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.582

Keywords:

Karakter Peduli Lingkungan, Pendidikan Konservasi, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Karakter merupakan sesuatu yang ada di dalam setiap diri individu yang terbentuk sejak individu lahir atau bisa terbentuk sejak kecil melalui proses di dalam lingkungan keluarga. Karakter setiap individu harus dibentuk dan dikembangkan sedemikian rupa sehingga individu tersebut dapat menjiwai setiap tindakan dan perilakunya. Salah satu karakter yang harus dijiwai oleh setiap individu adalah peduli dengan lingkungan sekitar. Pendidikan formal dapat digunakan sebagai cara untuk menanamkan karakter peduli lingkungan terhadap anak mulai dari sekolah dasar. Sikap atau perilaku yang ditunjukkan oleh sifat peduli lingkungan terhadap alam sekitar yang dilakukan dengan cara menjaga lingkungan alam atau lingkungan sekitar merupakan hakikat karakter lingkungan sekitar. Pengembangan peduli lingkungan di lingkungan sekolah dapat membantu siswa mengembangkan karakter peduli lingkungan. Siswa yang menjaga kebersihan lingkungan sekolah menunjukkan rasa kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya. Dengan adanya hal tersebut, siswa akan tumbuh menjadi pribadi yang peduli terhadap lingkungan.

Downloads

Submitted

2024-05-08

Accepted

2024-05-08

Published

2024-05-09

How to Cite

Arindah Isro Ahadiah, & Nursiwi Nugraheni. (2024). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Sekitar Sebagai Upaya Pendidikan Konservasi Siswa Sekolah Dasar. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(1), 101–110. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.582