Membangun Karakter Peserta Didik Dengan Menanamkan Sikap Stop Bullying Di SD N 106 AEK Galoga
DOI:
https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.585Keywords:
bullying, karakter peserta didik, strategi, dampakAbstract
Bullying merupakan masalah serius di lingkungan sekolah, termasuk di SD N 106 Aek Galoga, dengan dampak negatif yang signifikan terhadap korban baik secara fisik maupun mental. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk menganalisis prevalensi dan dampak bullying di SD tersebut serta mengusulkan strategi untuk mengatasi masalah ini. Metode penelitian yang digunakan mencakup pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan survei terhadap 100 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak bullying bagi korban, menjelaskan pentingnya membangun karakter peserta didik dengan menanamkan sikap stop bullying, memberikan strategi untuk menanamkan sikap stop bullying di SD N 106 Aek Galoga, dan menganalisis hasil survei mengenai prevalensi dan dampak bullying. Hasil analisis menunjukkan bahwa sekitar 28% siswa pernah mengalami bullying, dengan bentuk verbal menjadi yang paling umum, diikuti oleh fisik dan sosial. Dampak dari bullying mencakup masalah emosional seperti kecemasan, depresi, dan rasa takut; masalah sosial seperti penarikan diri dan kesulitan menjalin pertemanan; masalah fisik seperti cedera dan sakit kepala; serta masalah akademik seperti penurunan prestasi dan kesulitan berkonsentrasi. Kesimpulannya, bullying adalah masalah yang serius di SD N 106 Aek Galoga yang memerlukan perhatian serius dan tindakan proaktif untuk mencegah dan mengatasi dampaknya. Pentingnya membangun karakter peserta didik dengan menanamkan sikap stop bullying dan menerapkan strategi yang komprehensif untuk mengatasi masalah ini tidak dapat diabaikan. Oleh karena itu, langkah-langkah seperti penerapan program anti-bullying, peningkatan kesadaran tentang bullying, pembangunan budaya sekolah yang positif, serta memberikan dukungan kepada korban dan menindak tegas pelaku bullying sangatlah penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif bagi seluruh siswa.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License Terms..