Fasal 6 Permulaan Belajar, Ukuran Belajar & Tata Tertib Belajar

Authors

  • Martoyo Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Rusyd Kotabumi, Indonesia
  • Tinah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Rusyd Kotabumi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.621

Keywords:

Permulaan Belajar, Ukuran Belajar, Tata Tertib Belajar

Abstract

Permulaan belajar, ukuran belajar, dan tata tertib belajar dalam kitab ta'alim mutalim berfokus pada strategi dan prinsip yang diterapkan dalam proses belajar. Menurut imam abu hanifah menekankan pentingnya memulai pekerjaan pada hari rabu, karena hari ini dianggap sebagai hari yang penuh dengan keberkahan bagi orang mukmin dan tidak membawa berkah bagi orang kafir. Menurut syekh imam umar bin abu bakar az-zaranji, ukuran bagi seorang pelajar yang baru memulai belajar adalah mengulang pelajaran tersebut sebanyak dua kali. Setiap harinya ditambah satu kalimat sehingga pelajaran tersebut semakin bertambah sehingga pelajar mampu mengingatnya dengan baik. Dalam konteks belajar, tata tertib dapat diartikan sebagai serangkaian aturan yang dirancang untuk mengendalikan sikap yang harus ditaati. Jenis penelitian jurnal ini digolongkan ke dalam penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang dilakukan di ruang perpustakaan untuk menghimpun dan menganalisis data yang bersumber dari perpustakaan, baik berupa buku-buku, dokumen-dokumen dan materi perpustakaan lainny. Dari penjelasan diatas maka permulaan belajar, ukuran belajar, dan tata tertib belajar dalam kitab ta'alim mutalim menekankan pentingnya memulai belajar pada hari yang tepat, mengulang pelajaran dengan frekuensi yang tepat, dan mengikuti aturan yang diterapkan untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

Downloads

Submitted

2024-05-29

Accepted

2024-05-29

Published

2024-05-29

How to Cite

Martoyo, & Tinah. (2024). Fasal 6 Permulaan Belajar, Ukuran Belajar & Tata Tertib Belajar. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(1), 171–184. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.621