Peranan Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai Nilai Islami Melalui Pembiasaan
DOI:
https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i2.707Keywords:
Peranan, Guru PAI, Penanaman, Nilai-Nilai SiswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persepsi bahwa sekolah negeri kurang memberikan perhatian dalam menanamkan niliai nilai islam pada peserta didik, maka dari itu pentingnya peranan guru PAI untuk melakukan penanaman nilai nilai islam pada peserta didik di lingkungan sekolah, sehingga siswa dapat melakukan hal yang sama. mengembangkan kepribadian Islami. Permasalahan yang ada adalah peran spesifik oleh guru PAI untuk menanamkan nilai nilai islami kepada peserta didik, ini menjadikan kemauan penulis untuk melakukan penelitian lebih dalam lagi mengenai permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah agar dapat mengetahui peran guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai Islam melalui pembiasaan pada siswa di SMA Negeri 05 Bengkulu Selatan. Untuk menggambarkan faktor-faktor yang menghambat dan faktor yang mendukung guru PAI dalam mengajarkan nilai-nilai Islami melalui kebiasaan kepada siswa SMA. Dalam Penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai islami pada siswa dilakukan melalui pembiasaan, yaitu (1) Guru sebagai seorang pendidik. (2) Guru sebagai sorang pembimbing. (3) Guru sebagai teladan dan panutan. (4) Guru sebagai seorang penasihat. Faktor yang menghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman nilai-nilai Islami kepada peserta didik di tingkat SMA dengan metode pembiasaan yaitu (1) Latar belakang siswa. (2) Rendahnya minat siswa. (3) Lingkungan sekolah. (4) Keterbatasan waktu Adapun faktor pendukung untuk menanamkan nilai nilai islami pada siswa SMAN 05 Bengkulu Selatan yaitu (1) Sarana dan prasarana (2) Hubungan masyarakat sekolah
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License








