Analisis Kondisi Pembelajaran Yang Harus Di Sesuaikan Dengan Kebutuhan Siswa

Authors

  • Uci Purnama Sari STIT Al-Quraniyah, Manna Bengkulu Selatan, Indonesia
  • Verien Syafany STIT Al-Quraniyah, Manna Bengkulu Selatan, Indonesia
  • Winda Sutia Hani STIT Al-Quraniyah, Manna Bengkulu Selatan, Indonesia
  • Ripaldi Adillah STIT Al-Quraniyah, Manna Bengkulu Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i2.708

Keywords:

Kondisi Pembelajaran, Kebutuhan Siswa, Lingkungan Pembelajaran

Abstract

Menganalisis kebutuhan siswa merupakan langkah awal yang penting dalam meningkatkan efektivitas pendidikan, pemahaman yang mendalam terhadap kebutuhan siswa memungkinkan perencanaan pembelajaran menjadi lebih tepat dan relevan. Kondisi pembelajaran di sekolah saat ini menghadapi berbagai tantangan yang kompleks, terutama terkait dengan kebutuhan siswa dan kualitas lingkungan pembelajaran. Kebutuhan ini meliputi, kebutuhan psikologi, kebutuhan rasa aman, kebutuhan rasa kasih sayang  yang mempengaruhi pengalaman belajar siswa. Guru sering kali kesulitan menyesuaikan kebutuhan siswa karena sumber daya, dan populasi siswa yang besar. Akibatnya, banyak siswa yang kurang mendapat perhatian sehingga dapat mempengaruhi motivasi dan prestasi akademiknya.   Dalam pemanfaatan teknologi juga dikaitkan dengan peningkatan motivasi  siswa. Penggunaan bahan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menjadikan proses belajar mengajar lebih menarik dan mudah dipahami, sehingga siswa dapat cepat memahami materi. Oleh karena itu, guru harus mampu mengidentifikasi gaya belajar setiap siswa dan menyesuaikan metode pengajaran yang digunakan. Penelitian ini mengkaji pentingnya menganalisis kebutuhan siswa dalam merencanakan dan menyampaikan pengajaran dan bagaimana kondisi pembelajaran di kelas harus disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan siswa. Dengan pendekatan seperti itu, diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang ramah dan mudah beradaptasi yang mendukung pengembangan pribadi siswa selain keberhasilan akademik.

Downloads

Submitted

2024-07-13

Accepted

2024-07-14

Published

2024-07-17

How to Cite

Uci Purnama Sari, Verien Syafany, Winda Sutia Hani, & Ripaldi Adillah. (2024). Analisis Kondisi Pembelajaran Yang Harus Di Sesuaikan Dengan Kebutuhan Siswa . Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(2), 331–344. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i2.708