Strategi Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam Menurut Imam Al- Ghazali

Authors

  • Rahma Agustina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Dodi Irawan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i2.766

Keywords:

Pendidikan Islam, Akhlak, Al-Ghazali

Abstract

Pendidikan merupakan komponen penting dalam kehidupan. Hal ini pernah dibahas oleh para ulama, termasuk Imam al-Ghazali. Untuk itu penelitian ini membahas tentang pendidikan Islam dari sudut pandang al-Ghazali. Hasil penelitian ini adalah pendidikan menurut Al Ghazali menekankan pada pendidikan agama dan akhlak. Menurutnya pengertian dan tujuan pendidikan Islam adalah pendidikan yang mengupayakan dan bertujuan dalam proses pembentukan manusia seutuhnya. Adapus dalam pembuatan kurikulum, Al Ghazali mempunyai dua kecenderungan, yaitu kecenderungan terhadap agama dan kecenderungan pragmatis. Aspek materiil pendidikan Islam menurut pemikiran Al Ghazali antara lain: kepedulian terhadap keimanan, akhlak, akal, sosial dan waktu. Menurutnya, guru yang baik selain cerdas dan sempurna pikirannya juga harus memiliki sifat-sifat yang terpuji. Ciri yang harus dimiliki seorang santri adalah rendah hati, bersuci dari segala keburukan, taat dan istiqamah. Sedangkan evaluasi pendidikan adalah segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam proses pendidikan.

Downloads

Submitted

2024-09-09

Accepted

2024-09-09

Published

2024-09-09

How to Cite

Rahma Agustina, & Dodi Irawan. (2024). Strategi Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam Menurut Imam Al- Ghazali. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(2), 437–446. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i2.766