Strategi Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam Menurut Imam Al- Ghazali
DOI:
https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i2.766Keywords:
Pendidikan Islam, Akhlak, Al-GhazaliAbstract
Pendidikan merupakan komponen penting dalam kehidupan. Hal ini pernah dibahas oleh para ulama, termasuk Imam al-Ghazali. Untuk itu penelitian ini membahas tentang pendidikan Islam dari sudut pandang al-Ghazali. Hasil penelitian ini adalah pendidikan menurut Al Ghazali menekankan pada pendidikan agama dan akhlak. Menurutnya pengertian dan tujuan pendidikan Islam adalah pendidikan yang mengupayakan dan bertujuan dalam proses pembentukan manusia seutuhnya. Adapus dalam pembuatan kurikulum, Al Ghazali mempunyai dua kecenderungan, yaitu kecenderungan terhadap agama dan kecenderungan pragmatis. Aspek materiil pendidikan Islam menurut pemikiran Al Ghazali antara lain: kepedulian terhadap keimanan, akhlak, akal, sosial dan waktu. Menurutnya, guru yang baik selain cerdas dan sempurna pikirannya juga harus memiliki sifat-sifat yang terpuji. Ciri yang harus dimiliki seorang santri adalah rendah hati, bersuci dari segala keburukan, taat dan istiqamah. Sedangkan evaluasi pendidikan adalah segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam proses pendidikan.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License








