Analisis Kemampuan Siswa Dalam Membaca Dan Menulis Di Kelas 1 Sdn Kemayoran 1 Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.857Keywords:
Kemampuan Membaca, Kemampuan Menulis, Sekolah Dasar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam membaca dan menulis di kelas 1 SDN Kemayoran 1. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang melibatkan pengumpulan data melalui observasi langsung dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan membaca siswa berada pada tingkat yang memadai, namun masih terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca dengan lancar yang berjumlah 4 siswa. Sedangkan kemampuan menulis ada 2 siswa yang cenderung masih perlu peningkatan, terutama dalam hal penulisan yang jelas. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam membaca dan menulis karena tidak adanya minat belajar dari siswa itu sendiri. Oleh karena itu, dilakukan upaya-upaya yang lebih intensif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa, seperti memberi bimbingan khusus dan memberikan jam tambahan kepada siswa yang mengalami permasalahan tersebut, serta melibatkan peran orang tua dalam mendukung pembelajaran di rumah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang kemampuan siswa dalam membaca dan menulis di kelas 1 SDN Kemayoran 1 Bangkalan serta memberikan dasar untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif guna meningkatkan kemampuan literasi siswa di masa mendatang.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License Terms..