Peran Kepala Sekolah Dalam Supervisi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.864Keywords:
Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Supervisi PendidikanAbstract
Artikel ini membahas peran kepala sekolah dalam supervisi pendidikan sebagai salah satu faktor kunci dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Kepala sekolah tidak hanya berfungsi sebagai manajer, tetapi juga sebagai pemimpin pendidikan yang bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Melalui supervisi pendidikan, kepala sekolah dapat melakukan pengawasan terhadap proses pembelajaran, memberikan bimbingan kepada guru, serta memberikan efektivitas metode pengajaran yang diterapkan. Artikel ini menjelaskan berbagai strategi yang dapat diterapkan oleh kepala sekolah dalam melakukan supervisi, seperti observasi kelas, diskusi reflektif, dan pelatihan profesional bagi guru. Selain itu, artikel ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi kepala sekolah dalam melaksanakan pengawasan, termasuk keterbatasan waktu dan sumber daya. Dengan pendekatan yang tepat, kepala sekolah dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan kualitas pendidikan, yang pada akhirnya berdampak positif pada prestasi siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para kepala sekolah dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya dalam upaya meningkatkan efektivitas pengawasan pendidikan di sekolah.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License








