Pendekatan Pendidikan Islam Menurut Athiyah Al Abrasyi

Authors

  • Fatimah Azzahro Khoirunnisa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dr. Hafidz, M.pd.I Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Najia Iffat Huwaida Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nasywa Hanifah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Prayogo Pangestu Damhudi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Atmaja Rizky kurniawan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Zuladnan Nursyam Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.944

Keywords:

Ilmu Pendidikan Islam, Pemikiran Athiyah Al Abrasyi, Pendidikan Akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan pendidikan Islam menurut Athiyah Al-Abrasyi. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengkaji karya utama Al-Abrasyi serta literatur pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Abrasyi memandang pendidikan Islam sebagai upaya untuk menciptakan insan kamil, yang seimbang antara aspek jasmani, rohani, intelektual, dan spiritual. Selain itu, pendidikan akhlak dianggap sebagai inti dari pendidikan Islam tanpa mengabaikan aspek lain seperti akal, jasmani, dan seni. Kurikulum yang diusulkan meliputi lima aspek utama: pendidikan agama, akhlak, akal, jasmani, dan seni. Temuan ini memberikan kontribusi dalam pengembangan konsep pendidikan Islam yang lebih holistik dan relevan dengan kebutuhan zaman.

Downloads

Submitted

2024-12-27

Accepted

2024-12-28

Published

2024-12-28

How to Cite

Fatimah Azzahro Khoirunnisa, Dr. Hafidz, M.pd.I, Najia Iffat Huwaida, Nasywa Hanifah, Prayogo Pangestu Damhudi, Atmaja Rizky kurniawan, & Zuladnan Nursyam. (2024). Pendekatan Pendidikan Islam Menurut Athiyah Al Abrasyi. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(3), 635–646. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.944