Optimalisasi Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Baturetno

Authors

  •  Chafit Ulya  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  •  Sarwiji Suwandi  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  •  Nugraheni Eko Wardani  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  •  Sugit Zulianto  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  •  Titi Setiyoningsih  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  •  Tirza Marshanda Hartono  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61930/jurnaladm.v3i2.1217

Keywords:

Optimalisasi, Pemanfaatan, Artificial Intelligence, Berfikir Kritis

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kompetensi penting abad ke-21 yang harus dimiliki siswa untuk menghadapi tantangan global yang kompleks. Namun, pembelajaran di banyak sekolah masih berpusat pada guru dan belum mengintegrasikan teknologi secara optimal, termasuk pemanfaatan Artificial Intelligence (AI). Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru dalam mengintegrasikan AI untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Baturetno. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi tahap perencanaan, pelatihan, dan evaluasi. Pelatihan diberikan dalam bentuk penguatan konsep berpikir kritis, praktik penggunaan platform AI, serta pembuatan media ajar berbasis video interaktif. Kegiatan ini mampu memberikan wawasan dan pemahaman baru terhadap guru dalam mengoptimalkan pemanfaatan AI dalam pembelajaran di kelas. Guru menunjukkan antusiasme dan respons positif dalam menerima materi yang diberikan. Selanjutnya, guru diharapkan mampu menerapkan hasil pengabdian ini di kelas guna mendorong siswa untuk mampu berpikir kritis, terutama dalam memanfaatkan AI dalam proses belajar mereka.

Downloads

Published

2025-07-27

How to Cite

Ulya, C., Suwandi, S., Wardani, N. E., Zulianto, S., Setiyoningsih, T., & Hartono, T. M. (2025). Optimalisasi Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Baturetno. ADM : Jurnal Abdi Dosen Dan Mahasiswa, 3(2), 185–192. https://doi.org/10.61930/jurnaladm.v3i2.1217