Optimalisasi Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Baturetno
DOI:
https://doi.org/10.61930/jurnaladm.v3i2.1217
Keywords:
Optimalisasi, Pemanfaatan, Artificial Intelligence, Berfikir KritisAbstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan kompetensi penting abad ke-21 yang harus dimiliki siswa untuk menghadapi tantangan global yang kompleks. Namun, pembelajaran di banyak sekolah masih berpusat pada guru dan belum mengintegrasikan teknologi secara optimal, termasuk pemanfaatan Artificial Intelligence (AI). Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru dalam mengintegrasikan AI untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Baturetno. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi tahap perencanaan, pelatihan, dan evaluasi. Pelatihan diberikan dalam bentuk penguatan konsep berpikir kritis, praktik penggunaan platform AI, serta pembuatan media ajar berbasis video interaktif. Kegiatan ini mampu memberikan wawasan dan pemahaman baru terhadap guru dalam mengoptimalkan pemanfaatan AI dalam pembelajaran di kelas. Guru menunjukkan antusiasme dan respons positif dalam menerima materi yang diberikan. Selanjutnya, guru diharapkan mampu menerapkan hasil pengabdian ini di kelas guna mendorong siswa untuk mampu berpikir kritis, terutama dalam memanfaatkan AI dalam proses belajar mereka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Chafit Ulya, Sarwiji Suwandi, Nugraheni Eko Wardani, Sugit Zulianto, Titi Setiyoningsih, Tirza Marshanda Hartono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Indonesia






