Sosialisasi Pemasaran Online Berbasis Marketplace Pada UMKM Di Desa Panji Lor

Authors

  •  Nurul dwi Komariah  Program Studi Manajemen, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  •  Muhammad Fajariyanto  Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

DOI:

https://doi.org/10.61930/jurnaladm.v2i1.468

Keywords:

Pemasaran online, Marketplace

Abstract

Salah satu pilar penting dalam perekonomian Indonesia adalah peran UMKM. Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan kegiatan usaha yang dilakukan individu, kelompok maupun badan usaha yang memenuhi kriteria tertentu. Perkembangan UMKM dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup pesat. Media pemasaran yang dimiliki oleh UMKM di Indonesia sebelumnya dilakukan secara offline atau konvensional. Pemanfaatan media online berbasis marketplace pada UMKM memberikan dampak positif pada jangkaun pemasaran. Adapun tujuan dari sosialisasi pemasaran online berbasis marketplace ini adalah memberikan pengetahuan kepada para pelaku usaha di Desa Panji Lor tentang marketplace dan mengajak para pelaku usaha di Desa Panji Lor untuk memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan usaha mereka. Sesuai dengan tujuan sosialisasi ini, maka metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, dan kegiatan tanyajawab seputar pemasaran online untuk UMKM. Hasil dari kegiatan ini menunujukkan adanya antusiasme dari masyarakat dan juga perangkat desa. Hal itu dibuktikan dengan aktifnya masyarakat yang dalam hal ini ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang ditanyakan oleh masyarakat kepada tim pelaksana mengenai pembuatan toko di marketplace serta turut hadirnya Perangkat Desa dalam kegiatan tersebut.

Downloads

Published

2024-04-15

How to Cite

Komariah, N. dwi, & Muhammad Fajariyanto. (2024). Sosialisasi Pemasaran Online Berbasis Marketplace Pada UMKM Di Desa Panji Lor. ADM : Jurnal Abdi Dosen Dan Mahasiswa, 2(1), 147–152. https://doi.org/10.61930/jurnaladm.v2i1.468