Sosialisasi Model Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Perilaku Negatif Peserta Didik

Authors

  •  Dwi Noviani  Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Ogan Ilir Indralaya
  •  Hilmin  Institut Agama Islam Al-Quran Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir
  •  Choiriyah  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah Indo Global Mandiri Palembang
  •  Aditya  Mahasiswa Pascasarjana IAIQI Indralaya Ogan Ilir

DOI:

https://doi.org/10.61930/jurnaladm.v2i2.748

Keywords:

Sosialisasi Pendidikan, Model Pendidikan, Perilaku Negatif, Peserta Didik

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini membahas tentang Sosialisasi Model Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Perilaku Negatif Peserta didik. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman mendalam kepada pendidik tentang nilai-nilai Islam dan mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk mencari solusi yang holistik dan sesuai dengan nilai-nilai agama. Model pendidikan agama Islam menjadi fokus sebagai landasan untuk membentuk karakter peserta didik serta dapat memberikan dampak positif dalam menanggulangi perilaku negatif. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang norma-norma moral dalam Islam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, menjadikan peserta didik mampu mengelola emosi, konflik, dan tekanan dengan cara yang sesuai dengan ajaran agama. Selain daripada itu dapat memberikan kontribusi pada pengembangan pendidikan karakter berbasis agama Islam sebagai upaya pencegahan perilaku negatif peserta didik. Implikasi praktis dapat diaplikasikan dalam perancangan kurikulum, pelatihan guru, dan kebijakan sekolah untuk memperkuat peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter positif dan moral peserta didik.

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Dwi Noviani, Hilmin, Choiriyah, & Aditya. (2024). Sosialisasi Model Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Perilaku Negatif Peserta Didik. ADM : Jurnal Abdi Dosen Dan Mahasiswa, 2(2), 271–276. https://doi.org/10.61930/jurnaladm.v2i2.748