Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Mengunakan Akad Mudharabah Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Simpang Patal Palembang

Authors

  •  Fitri Rosalina  Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang
  •  Choiriyah Choiriyah  Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang https://orcid.org/0000-0003-3560-0930
  •  Fadilla Fadilla  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61930/jebmak.v4i3.1296

Keywords:

Strategi, Pemasaran, Tabungan, Haji

Abstract

Penelitian ini membahas strategi pemasaran produk Tabungan Haji berbasis akad Mudharabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Simpang Patal Palembang. Fokus penelitian diarahkan pada dua permasalahan utama, yaitu bagaimana strategi pemasaran produk Tabungan Haji dilaksanakan dan kendala apa saja yang dihadapi dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara sebagai sumber primer serta studi literatur dan informasi daring sebagai sumber sekunder. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk menggambarkan fenomena yang terjadi secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BSI KCP Simpang Patal Palembang menerapkan strategi pemasaran menggunakan konsep bauran pemasaran (marketing mix), yang mencakup tiga komponen utama: strategi produk (product), strategi promosi (promotion), dan peran sumber daya manusia (people). Namun, pelaksanaan strategi ini menghadapi beberapa kendala, antara lain persaingan yang ketat, rendahnya pemahaman masyarakat terhadap produk, promosi yang belum optimal, serta keterbatasan kualitas dan jumlah sumber daya manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasriani. (2024). Implementasi Akad Mudharabah Pada Tabungan Haji Indonesia Di Bsi Kcp Pinrang. In Αγαη (Vol. 15, Nomor 1).

Heirunnusa. (2024). Strategi Peningkatan Pemasaran Produk Tabungan Haji Muda Indonesia Pt. Bank Syariah Indonesia Tbk Kantor Cabang Pembantu Ftsp Uii.

Ismanudin. (2022). Strategi Pemasaran Menarik Minat Nasabah Mengunakan Produk Tabungan Haji Pada Bank Syariah Indonesia Meulaboh Usmadi.Pdf.

Khairunisa. (2021). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Indonesia Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Sukabumi Cicurug.

Nandita. (2025). Peran Strategi Pemasaran Bank Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Haji (Studi Kasus Di Bsi Kc Jombang Cempaka Mas). 1–23.

Nur, & Maulidia. (2024). Efektivitas Penerapan Akad Mudharabah Dalam Sistem Perbankan Syariah Di Indonesia. 8(12), 171–178.

Nurhasanah, T. (2023). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Muda Indonesia Di Bank Syariah Indonesia (Bsi) Kcp Kotamobagu. 1(1), 1–23.

Pramudia, H. (2024). Strategi Peningkatan Pemasaran Produk Tabungan Haji Muda Indonesia Pt. Bank Syariah Indonesia Tbk Kantor Cabang Pembantu Ftsp Uii.

Sari, I. N., Aravik, H., & Choiriyah, C. (2022). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Tasbih Pada PT Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pembantu Km 12 Palembang Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 2(2), 475-494.

Sari, N. P., Fadilla, F., & Aravik, H. (2021). Penerapan Akad Mudharabah Pada Produk Tabungan di PT. Bank Syariah Mandiri KC Prabumulih. Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Ekonomi Syariah, 6(2), 211-226.

Wulandari, T., & Harahap, A. P. (2023). Penerapan Akad Mudharabah Pada Produk Tabungan Haji Di Bank Syariah Indonesia Kcp Medan Juanda. 2(09), 1761–1767. Https://Doi.Org/10.36418/Comserva.V2i09.565

(Wawancara Dengan Cs Ibu Risda Tanggal 04 Juni 2025).

Downloads

Published

2025-11-09

How to Cite

Fitri Rosalina, Choiriyah, C., & Fadilla, F. (2025). Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Mengunakan Akad Mudharabah Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Simpang Patal Palembang. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 4(3), 783–792. https://doi.org/10.61930/jebmak.v4i3.1296