Pengaruh Korean Wave Terhadap Minat Beli Produk Korean Food Menurut Teori Perilaku Konsumen Islam

Authors

  •  Erycha Budiana Sari  Universitas Islam Kalimantan MAB
  •  Akhmad Hulaify  Universitas Islam Kalimantan MAB
  •  Zakiyah  Universitas Islam Kalimantan MAB
  •  Parman Komarudin  Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i1.43

Keywords:

Korean Wave, Minat Beli, Konsumsi, Perilaku Konsumen

Abstract

Korean Wave merupakan budaya populer yang berasal dari Korea Selatan. Kehadiran fenomena Korean Wave membuat trend Korean Food semakin meningkat, adanya trend tersebut membuat perubahan pada perilaku konsumsi dan minat beli konsumen dalam membeli sebuah produk. Riset ini untuk mengetahui pengaruh Korean Wave terhadap minat beli pada produk Korean Food pada kalangan Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode simple random sampling dengan penggambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Metode dalam pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah responden sebesar 84 orang dari 516 orang populasi. Hasil riset menunjukkan nilai t hitung > nilai t tabel (7,637 > 1,663) dari uji hipotesis yaitu uji t (parsial) artinya dari hasil tersebut menunjukkan terhadap pengaruh variabel (X) Korean Wave terhadap variabel (Y) Minat Beli, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan peresentase pengaruh Korean Wave terhadap minat beli produk Korean Food menunjukkan hasil tingkat kemampuan variabel X (Korean Wave) mempengaruhi variabel Y (Minat Beli) sebesar 41,8% dari hasil uji koefisien determinasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azmi, U. (2019). Dampak Korean Wave (Hallyu) Terhadap Perilaku Konsumen Pada Mahasiswa Stie Nobel Indonesia Makassar. STIE Nobel Indonesia Makassar.

Budi, I. S., & Komarudin, P. (2020). Persepsi Dosen Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Terhadap Produk Makanan Berlabel Halal. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 6(2).

Fadilah, N. (2020). Teori Konsumsi, Produksi, dan Distribusi Dalam Pandangan Ekonomi Syariah. Studi Ilmu Keagamaan, 1(4), 24.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen Sikap dan Pemasaran. Deepublish.

Istinah, & Surya, M. E. (2021). Terjemahan Al-Qur’an Shihab Pada Ayat Produksi, Distribusi dan Konsumsi. Istinah Riset Keuangan, Sosial Dan Budaya, 2(1), 123.

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (n.d.). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 15.

Masturah, W. F. (2020). Pengaruh Budaya Korean Wave dan Perilaku Fan Enterpreneurship Terhadap Minat Berwirausaha Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Manajemen dan Bisnis USU. USU.

Mufidah, J. E., Hidayat, A. R., & Hidayat, Y. R. (2018a). Tinjauan Teori Konsumsi Menurut Al-Gazali Terhadap Pola Konsumsi Mahasiswa Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung. Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah, 5(2), 423.

Mufidah, J. E., Hidayat, A. R., & Hidayat, Y. R. (2018b). Tinjauan Teori Konsumsi Menurut Al Ghazali terhadap Pola Konsumsi Mahasiswa Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung. Jurnal Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah, 5(2), 423.

Pantas, P. E. (2021). Dasar-Dasar Ekonomi Mikroekonomi Islam. UAD Press.

Saputri, L. D. S. (2018). Willingnes To Pay Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta TahunAngkatan 2014-2017 Terhadap Mie Samyang Berlabel Halal LPPOM MUIWillingnes To Pay Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta TahunAngkatan 2014-2017 Terhadap Mie. UNY.

Sarjwati, M. K. A. (2022). Fenomena Korean Wave di Indonesia. Website UGM.

Setyani, A. H., & Azhari, M. Z. (2020). Pengaruh Korean Wave dan Ulasan Online Terhadap Minat Beli Produk Skin Care Korea Selatan. IKR-ITH Ekonomika, 4(1), 68.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). ALFABETA

Downloads

Published

2023-03-09

How to Cite

Erycha Budiana Sari, Akhmad Hulaify, Zakiyah, & Parman Komarudin. (2023). Pengaruh Korean Wave Terhadap Minat Beli Produk Korean Food Menurut Teori Perilaku Konsumen Islam. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 139–148. https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i1.43