Strategi Pemasaran Produk Tabungan Batara Ib Dengan Akad Wadi’ah Yad Dhamanah Pada Bank Tabungan Negara Syariah Kapten A Rivai Palembang
DOI:
https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i1.62Keywords:
Strategi, Pemasaran, Produk Tabungan, Batara, Akad Wadi’ah Yad DhamanahAbstract
Penelitian ini berjudul analisis pemasaran produk tabungan batara iB akad wadi’ah yad dhamanah terhadap minat nasabah di BTN Syariah. Strategi merupakan alat fudenemental yang direncanakan untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut. Dalam kegiatannya Bank BTN Syariah perlu memasaran produk Batara iB dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat ataupun nasabah dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran dan kendala serta upaya Produk Tabungan Batara iB Kapten A Rivai Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di Bank Tabungan Negara Syariah Syariah Kapten A Rivai Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran bank Bank Tabungan Syariah Kapten A Rivai Palembang dalam memasaran tabungan batara iB dan juga kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam memasarkannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara, dokmentasi dan didukung oleh studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan bank BTN Syariah Kapten A Rivai untuk tabungan batara iB adalah menggunakan konsep strategi pemasaran marketing mix yaitu strategi produk, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi. Kendala yang dihadapi berupa saingan dari produk lain, kurangnya pemahaman dan kepercayaan masyarakat tentang tabungan di Bank Syariah dan kurangnya penyebaran kantor dan mesin. Selain itu juga upaya mengatasi kendala yaitu, untuk lebih mengunggulkan produk tabungan dengan cara memberikan pemahaman atas manfaat yang dimiliki tabungn pada bank terkait, dan juga pengadaan ATM yang harusnya semakin disebar luaskan untuk mengudang minat masyarakat.
Downloads
References
Alma, B. (2017). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (Issue 1).
Aravik, H. (2016). Ekonomi Islam: Konsep, Teori dan Aplikasi serta Pandangan Pemikiran Ekonomi Islam dari Abu Ubaid sampai al-Maududi. Empat Dua Intranspublishing.
Aravik, H., & Hamzani, A. I. (2021). Etika Perbankan Syariah: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish. https://deepublishstore.com/shop/buku-etika-perbankan-syariah-teori-dan-implementasi/
Clara Amelinda Sugianto dan Charly Hongdiyanto. (2020). Perumusan strategi pemasaran menggunkan metode QSPM pada bisnis sambal noesantara. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Fadilla, Choiriyah, & Aravik, H. (2021). Islamic Marketing: Konsep, Filosofi dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish.
Febriani, E. E. (2017). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Wadiah Yad Dhamanah dengan Mudharabah Mutlaqah pada Kota Bengkulu. 1–146.
Harianja. (2019). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Batara iB Syariah dengan akad Wadi’ah Yad Dhamanah di PT. Bank Tabungan Negara Syariah Kantor Cabang Medan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Kamila. (2019). STRATEGI PEMASARAN PRODUK BTN BATARA HAJI DAN UMROH iB PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SYARIAH PEKANBARU. Αγαη, 8(5), 55.
Lukitaningsih, A. (2017). PERKEMBANGAN KONSEP PEMASARAN: IMPLEMENTASI DAN IMPLIKASINYA Ambar Lukitaningsih Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 14(1), 16–29.
Muali. (2019). Pemasaran Syariah Berbantuan Media Sosial: Kontestasi Strategis Peningkatan Daya Jual. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 168–185. https://doi.org/10.21274/an.2019.5.2.168-185
Mujiatun Ridwati. (2020). TAFAQQUH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah dan Ahawl as Syahsiyah Page 54. 35, 54–67.
Putri, N. S., & Aravik, H. (2021). Analisis Produk Tabungan Wadi’ah Pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al-Falah Banyuasin. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 1(1), 1–10. https://jim.stebisigm.ac.id/index.php/jimpa/article/view/2
Suatama, J. (2018). Analisis Strategi Inovasi Atribut Produk Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Skuter Matik Merek Honda Vario Di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 5(2), 19–35.
Susanto, A., & Asmira. (2017). Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Informasi Menggunakan Metode Web Engineering. Simkom, 2(3), 9–17. https://doi.org/10.51717/simkom.v2i3.23
Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran (Yogyakarta: ANDI, 2008), h. 3. 19. 19–39.
Untoro, Y. A. (2020). Strategi pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1990, 9–47.
Utomo, K. W., Aji, R. H. S., & Aravik, H. (2022). Islamic Entrepreneurship : Konsep Berwirausaha Ilahiyah. Jakarta: Media Edu Pustaka.
Wibowo. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ulpa Dwiyanti, Havis Aravik, Choiriyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.