Pengaruh Endorsment dan Influencer Instagram terhadap Minat Beli pada Lodse Caffe.
DOI:
https://doi.org/10.61930/jebmak.v3i3.737Keywords:
Endorsment, Influencer Instagram, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Endorsment dan Influencer Instagram Terhadap Minat Beli Pada Lodse Caffe. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari jawaban responden yang mengisi kuesioner kepada followers Instagram akun @lodseofficial sebanyak 2.214 followers dengan menggunakan rumus slovin dalam perhitungan sampel dengan batas toleransi kesalahan sebesar 10%, dimana didapatkan 95 responden, maka peneliti membulatkan sampel penelitian ini adalah 100 responden dan data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung atau didapatkan dari sumber lainnya oleh peneliti yang berupa jurnal mengenai new media pengaruh celebrity endorsement, influencer Instagram, dan minat beli. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik Analisis yang digunakan pada penelitian ini melalui uji validitas, uji reabilitas, asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi ( ), dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Endorsment berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Y). Hal ini dapat ditunjukkan dari Uji Parsial (Uji-T) diketahui nilai sign. untuk pengaruh terhadap (Y) adalah sebesar 0,104 < 0,05 dan nilai sebesar 1,639 > 2.000, sedangkan Influencer Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Y). Hal ini dapat ditunjukkan dari Uji Simultan (Uji F) yang diketahui nilai sign. untuk pengaruh terhadap (Y) adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan 42,118 > 3,09.
Downloads
References
Alba, J. W., & Hutchinson, J., Consumer psychology, 2007.
Atmoko, Bambang Dwi, Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita, 2012.
Abdullah, M., Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.
Astuti, B., & Putri, A. P., Tentang Analisis Pengaruh Penggunaan Instagran Terhadap Intensitas Pembelian Konsumen. Tinjauan Penelitian Bisnis dan Ekonomi Integratif, 7, 24-38, 2018.
Arifin, R. D., Pengertian Instagram beserta Sejarah, Fungsi, Tujuan, Manfaat, dll, 2022. Link: https://dianisa.com/pengertian-instagram/ Diakses Januari 30, 2024.
Bahri, Syaiful., Metode Penelitian Bisnis – Lengkap Dengan Teknik Pengolahan
Data SPSS. ANDI: Yogyakarta, 2018.
Evans, N. J., Phua, J., Lim, J., & Jun, H., Disclosing Instagram influencer advertising: The effects of disclosure language on advertising recognition, attitudes, and behavioral intent. Journal of interactive advertising, 17(2), 138-149, 2017.
Frans M Royan, Marketing Selebrities, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo), 36, 2004.
Ghozali, I., Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IMB SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2016.
Firmansyah, N., 7 Jenis Konten Untuk Ide Posting di Instagram, 2018. Link:
https://starngage.com/7-jenis-konten-untuk-ide-posting-di-instagram/
Haerunnisa, Zohrah N, and Raidah Intizar Yusuf., “Beauty Influencer Di Instagram Terhadap Gaya Hidup Mahasiswi Universitas Islam Makassar.” Jurnal Komunikasi Dan Organisasi, 1(2):46–54, 2019.
Hutabarat, Julius Ripandi., Pengaruh influencer marketing terhadap keputusan pembelian produk Eiger. Universitas HKBP Nommensen. Jurnal Stindo Profesional Vol. VI, No. 2 Maret 2020 I S S N: 2443 – 0536, 2020.
Indriantoro, Nur and Bambang Supomo., Metodologi Penelitian Bisnis Untuk
Akuntansi & Manajemen. Edisi 1. Cetakan ke-12. Yogyakarta: BPFE, 2014.
Indika, D. R., & Jovita, C., Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32, 2017. Link: https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296
Kriyantono, R., Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Politik, dan Komunikasi Pembangunan. Kencana, 2014.
Kotler, P., Keller, K. L., Manceau, D., & Dubois, B., Marketing Management, 15e Edition. New Jersey: Pearson Education, 2016.
Kadekova, Z., & Hoilencinova, M., Pemasaran Influencer Sebagai Fenomena Modern yang Menciptakan Batas Baru Peluang Virtual. Communication Today, 9(2), 90-104, 2018. Retrieved from. Link: https://www.communicationtoday.sk/influencer-marketing-as-a-modern-phenomenon-creating-a-new-frontier-of-virtual-opportunities/
Lestiana, N., Aktifitas Promosi Kuliner Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Mengenai Aktifitas Pro,osi Kuliner pada Akun Instagram @kulinersolo di Kota Solo). Surakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2916.
Maria Regina Picaully., Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Gadget Di Shopee Indonesia, Jurnal Manajemen Maranatha, 18.1, 31–40, 2018.
McCracken, G., Siapa Endorser Selebriti? Proses Pengesahan dari Fondasi Budaya. Jurnal Riset Konsumen, 16(3), 310-321, 2018.
Mediakix., Tarif Influencer: Berapa Biaya Influencer?, 2019. Link: https://mediakix.com/blog/influencer-rates/
Mayasari Dan Patmawati., Pengaruh Iklan Internet, Celebrity Endorder, Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Pada Shopee di Kota Padang. Padang: Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. P-ISSN: 2086-5031, EISSN: 2615-3300, 2019.
Putu, "Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Brand Equity terhadap Purchase Intentions. Google Buku “The Role of Brand Image Mediating the Effect of Brand Equity on Purchase Intentions”.
Praschita, P., Wayan, I. And Giantari, I.K., Peran Brand Awareness dalam
Memediasi Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude. E-Jurnal Manajemen, 8(2), pp.8016-8046, 2019.
Rajdab, Enny., Jam'an, Andi., Metodologi Penelitian Bisnis. Makasar: Lembaga
Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar, 2017.
Shimp, T. A., Periklanan, Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu (6th ed.). Mason, Ohio: Thomson South Western, 2003.
Shimp, T. A., Komunikasi Penggabungan terintegrasi dalam Periklanan dan
Promosi. CENGAGE Learning (Issue 658.8 S45), 2010.
Schiffman, P., dan Kanuk. F., The Essence of Service Marketing. Prentice-Hall Internasional Ltd, 2012.
Shimp., Integrated marketing edisi 9. Library of Congress Control Number: 2012945620 ISBN-13: 978-1-111-58021-6 ISBN-10: 1-111-58021-9, 2013.
Scott, D.M., The New Rules of Marketing and PR, 5th Ed. Wiley, New York, NY, 2015.
Siyoto, S. & Sodik, A., Dasar Metodologi Penelitian, Literasi Media Publishing, Yogyakarta, 2015.
Sekaran, U. & Bougie, R., Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Membangun Keterampilan, 7th ed. Chichester: John Wiley & Sons, 2016.
Sekaran, Uma dan Roger Bougie., Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Cetakan Kedua, Salemba Empat, Jakarta Selatan 12610, 2017.
Sugiyono., Google Buku: Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alphabet, 2018.
Sokolova, K., & Kefi, H., Blogger Instagram dan YouTube mempromosikan, mengapa saya harus membeli. Bagaimana kredibilitas dan interaksi parasosial mempengaruhi niat membeli. Jurnal Ritel dan Layanan Konsumen, 53, 2020.
Van der Waldt, D. L. R., Van Loggerenberg, M., & Wehmeyer, L., Dukungan Selebriti Versi Juru Bicara yang dibuat dalam periklanan: Sebuah Survei di Kalangan Siswa. South African Journal of Economic and Management Sciences, 12(1), 100-114, 2009.
Wei, K. K., & Wu, Y. L., Mengukur Dampak Endorsment Selebriti pada Niat Perilaku Pelanggan: Studi Tentang Pelanggan Malaysia. Internasional Journal of Sport Marketing and Sponsorship, 14 (3):2-22, 2013. Link: https://doi.org/10.1108/IJSMS-14-03-2013-B002
Yusuf, A. Z., Pengertian Influencer Menurut para Ahli, 2022. Link: https://bukunesia.com/pengertian-influencer/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Intan Monika Saputri, Evi Meidasari M, Hairudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.