Pengaruh Mutu Pelayanan, Reputasi Koperasi, Dan Keunggulan Produk Simpanan Terhadap Kepuasan Anggota Pada Kopsyah (Koperasi Syariah) Mui (Mitra Usaha Ideal) Cabang Sekapuk
DOI:
https://doi.org/10.61930/jebmak.v3i3.767Keywords:
Mutu Pelayanan, Reputasi Koperasi, Keunggulan Produk Simpanan, Kepuasan AnggotaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Anggota pada KOPSYAH MUI Cabang Sekapuk, (2) Pengaruh Reputasi Koperasi terhadap Kepuasan Anggota pada KOPSYAH MUI Cabang Sekapuk, (3) Pengaruh Keunggulan Produk Simpanan terhadap Kepuasan Anggota pada KOPSYAH MUI Cabang Sekapuk, (4) Pengaruh Mutu Pelayanan, Reputasi Koperasi, dan Keunggulan Produk Simpanan terhadap Kepuasan Anggota pada KOPSYAH MUI Cabang Sekapuk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Anggota KOPSYAH MUI Cabang Sekapuk di Desa Cangaan Ujungpangkah Gresik. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data melalui angket (kuesioner) dan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda serta pengolahan data menggunakan software SPSS versi 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan siginifikan Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Anggota pada KOPSYAH MUI Cabang Sekapuk, (2) terdapat pengaruh positif dan siginifikan Reputasi Koperasi terhadap Kepuasan Anggota pada KOPSYAH MUI Cabang Sekapuk, (3) terdapat pengaruh positif dan siginifikan Keunggulan Produk Simpanan terhadap Kepuasan Anggota pada KOPSYAH MUI Cabang Sekapuk. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh Pengaruh Mutu Pelayanan, Reputasi Koperasi, dan Keunggulan Produk Simpanan secara bersama - sama terhadap Kepuasan Anggota pada KOPSYAH MUI Cabang Sekapuk.
Downloads
References
Abdullah, Karimun, et al. Metodologi Penelitian Kuantitatif. (Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021)
Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. (Depok: Rajawali Pers, 2017)
Griffin, Andrew. Crisis Issues and Reputation Management. (London: Kogan Page Limited, 2014)
Henard, David H & David M Szymanski. “Why Some New Products Are More Successful Than Others”. (ABI/INFORM Global: Journal of Marketing Research Vol. 38, No. 3, Agustus 2001)
Kasmir. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi Revisi. (Jakarta: PT Rajagarfindo Persada, 2014)
Koperasi Syariah: Membangun Ekonomi Berkelanjutan dengan Prinsip-Prinsip Syariah.(Mei 2022).https://www.shariaknowledgecentre.id/id/news/koperasi-syariah/. Diakses pada 10 Desember 2023, pukul 12.45
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. Marketing Manajement. (London: Pearson Education Limited, 2016).
Moh. Nasuha. Islamic Marketing. (Jepara: Lingkar Media, 2017)
Wajdi, Muhammad Farid. Manusia yang Paling dicintai Allah. (2022). https:// immimpangkep.ponpes.id/blogguru/2022/09/16/manusia-yang-paling dicinta i-allah/. Diakses pada 9 Januari 2024, pukul 10:17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yunia Aulia Rohma, Syamsir Alamsysah Harahap, Fatihatus Sahliyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.