Pengaruh Faktor Ekonomi Terhadap Minat Masyarakat Untuk Menjadi Calon Nasabah Pegadaian CP Muara Enim (Studi Kasus Desa Karang Agung Kabupaten Pali)

Authors

  •  Sindi Dwi Kartika  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri
  •  Havis Aravik  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri https://orcid.org/0000-0002-4318-7157
  •  Fadilla  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.61930/jebmak.v3i3.777

Keywords:

Faktor Ekonomi, Kebutuhan, Minat Masyarakat

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh faktor ekonomi terhadap minat masyarakat untuk menjadi calon nasabah pegadaian Cp Muara Enim (studi kasus masyarakat desa karang agung kabupaten pali). Dengan tujuan untuk mencari adakah pengaruh ekonomi terhadap minat masyarakat untuk menjadi calon nasabah pegadaian. Responden yang dituju penulis adalah masyarakat Desa Karang Agung Kab Pali pada tanggal 5 April – 30 April. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif yang diperoleh langsung oleh responden masyarakat Desa Karang Agung Kabupaten Pali dengan menggunakan teknik observasi dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai t hitung variabel faktor ekonomi sebesar 3,703 > 2,011 t tabel, dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Lalu besaran nilai kolerasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,842. Dari analisis koefisiensi determinasi diperoleh koefisiensi determinasi (R Square) sebesar 0,708 yang mana hal ini berarti bahwa pengaruh faktor ekonomi terhadap minat masyarakat menjadi calon nasabah adalah sebesar 70,8% sedangkan sisanya sebesar 29,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adesti, B. A., & Aravik, H. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Leasing Dalam Perspektif Ekonomi Islam Pada PT. FIF Group Cabang Bukit Palembang. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN), 1(1), 37-62.

Aji, R. H. S., & Aravik, H. (2023). Manajemen Sumber Daya Insani: Konsep, Filosofi dan Implementasi. Deepublish.

Atima, Nazula. (2020). Penerapan Fatwa DSN No: 68/DSN-MUI/Iii/2008 Tentang RH AN TASJILY Dalam Masa Perjanjian Pembiayaan ARRUM BPKB (Studi Di Pegadaian Syariah Cabang Pasar Legi Jombang).‖ 12–41.

Atmaja, Muhammad habiel putra. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat bertransaksi gadai emas di bprs metro madani kc jatimulyo Oleh : Muhammad Habiel Putra Atmaja Jurusan S1 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) METRO 1445 H /.

Dianti, Yira. (2020). Ekonomi Era Globalisasi.‖ Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 5–24.

Erangga, Adilla Sarah. (2019). Operasional Gadai Denan Sistem Syariah PT. Pegadaian (Persero) Surabaya. 1–22.

Kartini, Neni. (2019). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap

Maslow, Abraham. (2020). ―Pengertian Ekonomi. UIN University 1–31.

Mata Pelajaran PAI Di SMP Iptek Sengkol Tangerang Selatan. Tarbawai: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6(01):77–92.

Melen, Sterendisa. (2020). ―Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Produk Gadai (Rahn) Di PT. Pegadaian Syariah. Skripsi 150.

Milla, Mirra Noor. (2022). Teori Hirarki Kebutuhan Maslow. Jurnal Psikologi Sosial 20(2):iii–iv. doi: 10.7454/jps.2022.11.

Ningrum. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Produk Gadai (Rahn) Di Pegadaian Syariah Cps Solo.‖ 186– 96.

Ningsih, Wahyu, Muhammad Kamaludin, and Rizki Alfian. (2021). Hubungan Media Pembelajaran Dengan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada

Produk Gadai. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab 1(1):2019.

Sugiyono, Prof. Dr. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Veronica, Amanda. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Produk Rahn Pada Pegadaian Syariah.

Downloads

Published

2024-09-21

How to Cite

Sindi Dwi Kartika, Aravik, H., & Fadilla. (2024). Pengaruh Faktor Ekonomi Terhadap Minat Masyarakat Untuk Menjadi Calon Nasabah Pegadaian CP Muara Enim (Studi Kasus Desa Karang Agung Kabupaten Pali) . Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 3(3), 681–688. https://doi.org/10.61930/jebmak.v3i3.777

Most read articles by the same author(s)