Analisis Segmentasi Targeting Positioning Terhadap Peningkatan Konsumen Pada Pabrik Roti P.D. Lembur Jaya Natar

Authors

  •  Desmita Ramadhani  Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis, Universitas Mitra Indonesia
  •  Desi Derina Yusda  Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis, Universitas Mitra Indonesia
  •  M. Renandi Ekatama Surya  Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis, Universitas Mitra Indonesia
  •  Prima Rini MO  Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis, Universitas Mitra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61930/jebmak.v3i3.802

Keywords:

Segmentasi, Targerting, Positioning

Abstract

Analisis Segmentasi Targeting Positioning Terhadap Peningkatan Konsumen di P.D. Lembur Jaya Natar. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui segmentasi, Targeting dan Positioning dalam penjualan roti di P.D. Lembur Jaya Natar. (2) Untuk mengetahui apasaja kendala dan solusi pada segmentasi, Targeting dan Positioning dalam meningkatkan penjualan di Pabrik Roti P.D. Lembur Jaya. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan penelitian lapangan. Hasil penelitian ini adalah (1) segmentasi pada Pabrik Roti P.D. Lembur Jaya bervariasi. Ada segmentasi Geografis dimana pasar sasarannya adalah masyarakat menengah ke bawah. Ada segmentasi Demografis yang mana cakupannya meliputi anak anak hingga orang dewasa. Ada segmentasi Psikografis gaya hidup masyarakat menengah kebawah tidak menganggap roti sebagai makan utama. (2) Targeting pada P.D. Lembur Jaya dilihat dari harganya untuk menengah kebawah. Roti P.D. Lembur Jaya bekerja sama dengan beberapa mini market untuk menawarkan menu dan juga pemesanan. (3) Positioning dalam hal ini merupakan roti yang paling banyak diminati oleh kalangan masyarakat dengan jenis roti dan harga yang bervariasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, R. N. (2016). Strategi Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Bni Syariah Kantor Cabang Bumi Serpong Damai.

Dillon, K. L., & Harralson, H. K. (2010). St . Lucie County Artificial Reef Monitoring Program. June.

Kotler, P., & Kevin, L. K. (2017). Manajemen Pemasaran (Dialihbahasakan & Oleh Benyamin Molan (Eds.); Edisi 12). Pt Indeks.

Kotler. (2017). Destination Branding. Вестник Росздравнадзора, 4(1), 9–15.

Sholihin, S. (2011). Biro Travel Haji Dan Umroh Saibah Semarang.

Sinurat, E. J., Ekonomi, F., & Methodist, U. (2018). Segmentation, Targetting, Positioning. 4.

Sugiyono, I. E. A., Dewi, P. S. G. K., & Padmawati, R. S. (2020). Pastoral Care In End-Of-Life: Can You Be Healed When There Is No Cure? International Journal Of Criminology And Sociology, 9, 2212–2216.

Aslami, N. (2023). Analisis Penerapan Strategi Segmenting, Targeting, Dan Positioning Dalam Memasarkan Produk-Produk Syariah Di Pt. Sun Life Medan. Jurnal Manajemen Akuntansi (Jumsi) Vol. 3 No. 3 Mei 2023 Page 1858-1878, 4(1), 88–100.

Budiarto, S. (2013). Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Pendekatan Mark Plus & Co Di Kandatel Jakarta. Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan, 3(1), 13–24.

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927.

Dzakwan, A. Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Umkm Center Kota Pontianak Dengan Mengunakan Metode Swot Dan Qspmn O., Budiman, R., & Prima, F. (2020). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Umkm Center Kota Pontianak Dengan Mengunakan Metode Swot Dan Qspm. Jurnal Tin Universitas Tanjung Pura, 4(2), 214–223.

Effendi, M. (2017). Peranan Segmentasi Pasar Terhadap Penigkatan Volume Penjualan Pt. Sinar Baru Medan. Jurnal Bisnis Corporate, 3(2), 17–65.

Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Unesa, 01(01), 1–9.

Febriani, A. S., Mulyana, E. H., & Rahman, T. (2020). Pengembangan Educative Game Berbasis Aplikasi Android Untuk Memfasilitasi Keterampilan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 187–196.

Hariansyah, N. (2021). Segmentasi Pasar Dalam Komunikasi Pemasaran Islam. Jurnal Al-Hikmah, 19(2), 127–138.

Linda Setyaningsih. (2020). Pengaruh Strategi Diferensiasi, Promosi Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Green Product. Ejournal.Umpwr, July, 1–23.

Lubis, C. A. B. E. (2014). Pengaruh Jumlah Tenaga Kerja, Tingkat Pendidikan Pekerja Dan Pengeluaran Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Economia, 10(2), 187–193.

Majdah Zawawi1 And Noriah Ramli. (2016). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran Perusahaanmajdah Zawawi1 And Noriah Ramli. (2016). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran Perusahaan. Jurnal Ilmiah “Integritas,” Vol.2 No.(May), 31–48. Jurnal Ilmiah “Integritas,” Vol.2 No.(May), 31–48.

Misbahul, K. (2016). Mengidentifikasi Segmen Pasar Dan Memilih Pasar Sasaran. In Akademika: Vol. Volume 10 (Issue Nomor 1, Pp. 120–131).

Mohammed, N. K., Abd Manap, M. Y., Tan, C. P., Muhialdin, B. J., Alhelli, A. M., & Hussin, A. S. M. (2016). The Effects Of Different Extraction Methods On Antioxidant Properties, Chemical Composition, And Thermal Behavior Of Black Seed (Nigella Sativa L.) Oil. Evidence-Based Complementary And Alternative Medicine, 2016.

Musthafa, D. (2020). Implementasi Bauran Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Perusahaan (Studi Kasus Pada Pd Cv Tunas Abadi Kota Malang). Jamin : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 2(2), 80.

Puspitasari, I. (2019). Analisis Segmentasi Pasar Dan Strategi Pemasaran Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru Di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (Stie) Muhammadiyah Pringsewu Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen, 10(02), 21–39.

Putri, D. K. (2017). Perbedaan Perjanjian Pengikatan Jual Beli Lunas Dengan Perjanjian Pengikatan Jual Beli Tidak Lunas. Jurnal Akta, 21(1), 1–9.

Santoso, R. P., Ningsih, L. S. R., & Irawati, W. (2024). Implementation Of Segmenting Targeting And Positioning Strategies In Improving Marketing Performance. Bima : Journal Of Business And Innovation Management, 6(2), 280–292.

Suyatno, A., Arief, S., Asir, M., Anwar, M. A., & Sanusi, M. D. (2023). Penerapan Strategi Segmenting Dan Targeting Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran: Literatur Review. Journal Of Economic, Bussines And Accounting (Costing), 6(2), 1598–1609.

Yusuf, E. G. A., Suhadi, S., & Arifianto, Y. A. (2022). Memaknai Ulang Panca Tugas Pemimpin Menurut 2 Timotius 4:1-5 Sebagai Pedoman Bagi Kepemimpinan Kristen Masa Kini. Edulead: Journal Of Christian Education And Leadership, 3(2), 216–225.

Febrianti Idris. (2023). Pengaruh Segmentasi Psikografis,Segmentasi Tingkah Laku,Dan Targeting Terhadap Minat Menjadi Nasabah Pada Pagadaian Syariah Cabang Kudung Luwu. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.

Ratnawati, L., & Arifianti I. (2021). Interferensi Leksikal Pada Podcast Youtube Deddy Corbuzier Dengan Nadiem Makariem Dan Imolikasinya Dalam Pembelajaran Debat Kelas X Sma. Unikal, 1–6.

Sari, S. (2020). Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Pada Toko Ladyfame Bandar Lampung. Hal.15.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Desmita Ramadhani, Desi Derina Yusda, M. Renandi Ekatama Surya, & Prima Rini MO. (2024). Analisis Segmentasi Targeting Positioning Terhadap Peningkatan Konsumen Pada Pabrik Roti P.D. Lembur Jaya Natar. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 3(3), 807–826. https://doi.org/10.61930/jebmak.v3i3.802