Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Asosiasi Bangkit Berjaya Batang Hari (AB3) Di Muara Bulian

Authors

  •  Fauziah Fauziah  Program Studi Akuntansi, Fakultas Hukum Ekonomi dan Bisnis, Universitas Graha Karya Muara Bulian, Jambi. Indonesia
  •  Sophia Sophia  Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Sains dan Teknologi, Universitas Graha Karya Muara Bulian, Jambi. Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61930/jurbisman.v3i3.1229

Keywords:

Media Sosial, Peningkatan Pendapatan, UMKM

Abstract

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan sampel. Ada dua teknik pengambilan sampel yang dapat digunakan: sampling probabilitas dan sampling non-probabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: UMKM AB3 berperan penting dalam pengembangan ekonomi anggotanya. Kehadiran media sosial berperan aktif dalam meningkatkan pendapatan UMKM AB3. Media sosial berperan sebagai alat pemasaran, sarana untuk meningkatkan penjualan, dan upaya untuk meningkatkan pendapatan. Peran media sosial sebagai alat pemasaran berfungsi sebagai sumber informasi dan pemecahan masalah bagi UMKM. Peran media sosial dalam meningkatkan penjualan banyak memberikan manfaat dalam meningkatkan jangkauan pemasaran dan kepuasan konsumen. Peran media sosial sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-08-11

How to Cite

Fauziah, F., & Sophia, S. (2025). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Asosiasi Bangkit Berjaya Batang Hari (AB3) Di Muara Bulian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JURBISMAN), 3(3), 685–704. https://doi.org/10.61930/jurbisman.v3i3.1229