Buku Sebagai Media Komunikasi Visual Promosi Batik Palembang Pada Remaja Usia 17-25 Tahun

Authors

  •  Fadhilah Mutiara Salsabilah Soha  Prodi Desain Komunikasi Visual, Universitas Indo Global Mandiri
  •  Yosef Yulius  Prodi Desain Komunikasi Visual, Universitas Indo Global Mandiri
  •  Husni Mubarat  Prodi Desain Komunikasi Visual, Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.61930/visart.v2i2.818

Abstract

Batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang telah diakui secara global. Batik, dengan keanekaragaman motif dan teknik pembuatannya, motifnya yang mencerminkan kekayaan budaya dan identitas lokal yang berbeda-beda di seluruh Nusantara. Meskipun batik telah mendapatkan pengakuan dunia, namun tidak banyak masyarakat yang mengetahui mengenai keberadaan batik di kota Palembang. Maka dari itu sangat penting dilakukan upaya untuk mempromosikan batik Palembang dengan tujuan memperkenalkan dan mempertahankan nilai budaya agar masyarakat di kota Palembang dapat melestarikan batik Palembang. Perancangan ini menggunakan metode design thinking yang mempunyai 5 tahapan yaitu Empathize, Define, Ideate,Prototype, Test. Dalam perancangan promosi ini adapun media media yang di hasilkan adalah buku, ambient media mobil, poster, brosur, kemeja, slingbag, slingbag pouch, pouch, notebook, stiker, dan gantungan kunci. Perancangan ini bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui mengenai keberadaan Batik Palembang serta dapat melestarikan dan menghadirkan produk produk batik Palembang yang inovasi dalam desain ataupun fungsi dikehidupan sehari hari.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Salsabilah Soha, F. M., Yulius, Y., & Mubarat, H. (2024). Buku Sebagai Media Komunikasi Visual Promosi Batik Palembang Pada Remaja Usia 17-25 Tahun. VisArt: Jurnal Seni Rupa Dan Design, 2(2), 474–490. https://doi.org/10.61930/visart.v2i2.818