Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Telur Asin Tangguh Di Kota Banjarbaru
DOI:
https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i3.384Kata Kunci:
Strategi, Pemasaran, Volume, PenjualanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran berpengaruh terhadap volume penjualan telur asin Tangguh di Kota Banjarbaru. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain eksplanasi, populasi dalam penelitian ini adalah pembeli telur asin Tangguh di Kota Banjarbaru, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability tepatnya menggunakan purposive sampling, yaitu pupolasi yang telah ditentukan oleh peneliti yang berjumlah 70 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan variabel strategi pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap volume penjualan. Hal ini terbukti melalui penelitian dari hasil uji f (simultan) yaitu nilai f hitung diperoleh sebesar 67.159 dengan signifikansi 0,000 karena tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan f hitung lebih besar daripada f tabel. Hal ini berarti f hitung > f tabel (67.159 > 2,51). Variabel strategi pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap volume penjualan. Hal ini terbukti melalui penelitian dari hasil uji t (parsial) yaitu nilai variable produk senilai (4.061), nilai harga (-2.727), nilai tempat (2.998), nilai promosi (8.709) dengan nilai t tabel sebesar 1,6895 yang dapat dinyatakan t hitung lebih besar dari t tabel. Variabel yang paling dominan berpengarug terhadap volume penjualan adalah promosi. Hal ini terbukti melalui uji dominan menggunkan SPSS versi 26, yaitu berdasarkan uji standardizerd coeficient beta diketahui variabel promosi memiliki nilai tertinggi (0,657) dibandingkan dengan variabel bebas lainnya yaitu produk (0,361), harga (0,443), tempat (0,236), sehingga variabel promosi yang berpengaruh dominan terhadap volume penjualan telur asin.
Unduhan
Referensi
Abdullah., Thamrin & Francis T. (2016). Manajemen Pemasaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada
Akhmad, F. (2019). Metode sampling. Banten: Universitas Terbuka
Ali, Hasan, (2013), Marketing Edisi Baru. Yokyakarta: Media Pressindo
Alma Buchari, manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung CV.
Arianto, N., & Muhammad, J. (2018). Pengaruh fasilitas dan pelayanan terhadap kepuasan pengunjung pada hotel dharmawangsa. Jurnal Semarak, 1(1), 107-115.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Arli, D., & Tjiptono, F. (2017). God and green: Investigating the impact of religiousness on green marketing. International Journal of Nonprofit and Voluntary Sector Marketing.
Armstrong, G & Kotler, P. 2018. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Assure, S.(2017) manajemen pemasaran, Jakarta, rajawali pers.
Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.
Caroline, E. (2019). Metode Kuantitatif. Media Sahabat Cendekia.
Efendi, Udaya, dan Setyaningrum. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset
Fakhrurrazi, C. I. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pakaian pada Toko Grosir Kadafi Collection di Kota Sigli Kabupaten Pidie. Jurnal Sains Riset.
Fandi, Tjiptono. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Ghozali, Imam (2016). Aplikasi Analisis Multi Variable dengan program SPSS semarang. Badan penerbit universitas di ponorogo semarang.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Gravetter & Wallnau. (2014). Pengantar Statistik Sosial : Statistic for the behiavioral Sciences (Larry B., Icuk Rangga Bawono & M. Yusuf Indra Purnama, penerjemah). Jakarta: Salemba Humanika.
Gustiani, A. (2018). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Batik Indragiri di Kabupaten Indragiri Hulu. tersedia di Google Schoolar.
Hamid, R. S., Ariasih, M. P., Suarniki, N. N., Purwoko, P., Nurchayati, N., Tarmizi, A., ... & Vitaloka, D. (2023). MANAJEMEN PEMASARAN MODERN: Strategi dan Taktik Untuk Kesuksesan Bisnis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Helwin Heri Alvin. (2018). Analisis Beberapa Faktor yang Berpengaruh terhadap Volume Penjualan Telur Ayam Ras pada PT. Manuntung Raya, Balikpapan Utara. Jurnal Pertanian Terpadu. Tersedia di google schoolar.
Hermawan & Kartajaya. (2018). Marketing 4.0. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
ITALINA, C. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pakaian Pada Toko Grosir Kadafi Collection di Kota Sigli Kabupaten Pidie. Jurnal Real Riset. Tersedia di google schoolar
Jarizal. (2018). Pengaruh Volume Penjualan dan Biaya Produksi Kalung terhadap Laba Pada Hidayah Shop Kuta-Badung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha.
Jay Heizer & Barry Render (2015). Manajemen Operasi Edisi Ke 11. Jakarta: Salemba Empat
K. C. & Amri A. M. (2014). Sistem Informasi Akuntansi. Deepublish.
Kotler, P. & Gary Armstrong. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke 9. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Keller. KL (2018). Manajemen pemasaran. Terjemahan oleh Banjamin Molan. Indeks. Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.
La Midjan. (2015). Sistem Informasi Akuntansi 1. Edisi 8. Bandung: CV. Lingga Jaya. Lestari
Made Dewa Anjani, (2019), Strategi Pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan dan Kurangnya strategi dalam pemasaran anyaman anyaman di Pasar Baleleng Denpasar. Journal. Tersedia di Google Schoolar
Rangkuti F (2013). Analisis SWOT : Teknik Mebelah Kasus Bisnis. Jakarta PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sangadji, Etta,M., dan Sopiah, (2013), Perilaku Konsumen, CV. Andi Offset, Yogyakarta.
Setyaningrum, Ari, Jusuf Udaya dan Efendi, (2015), Prinsip-Prinsip Pemasaran, CV. Andi Offset, Yogyakarta.
Solomon, M. R., Marshall, G. W., & Stuart, E. W. (2018). Marketing: Real People, Real Choices. Pearson Education.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
Supriyanto, M. (2018). “Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Pembiayaan Syariah (Studi Kasus BMT Maslahah Cabang Sukowono Kabupaten Jember Tahun 2018) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).
Swastha, Basa (2016) Azas-azas. Marketing. Liberty, Yogyakarta.
Tiyas, F. (2021). Analisis Strategi Marketing Mix Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Nissan Datsun Cabang Magelang. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 1-11.
Tjiptono, F. & D. (2016). Pemasaran, Esesi dan aplikasi. (A. Offset (ed.)).
Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Strategik. Malang: Andi.
Tjiptono, Fandy (2017) Pemasaran. Banyumedia Publishing. Malang. Jawa Timur.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2019. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy, (2014), Pemasaran Jasa, CV. Andi Offset, Yogyakarta. (Placeholder1). (t.thn.)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Silvi Elva Riani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.