Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dengan Kurikulum Merdeka Di Kelas XI TKJ 3 SMK Negeri Indralaya Selatan

Authors

  • Jery Pratama Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya
  • Liniar Salsa Junita Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya
  • Lisda Mulina Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya
  • Yuni Isnaini Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya
  • Irjaini Saputra Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya
  • Dwi Noviani Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i2.692

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti, Kurikulum Merdeka, SMK Negeri Indralaya Selatan, Implementasi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan Kurikulum Merdeka di kelas XI TKJ 3 SMK Negeri Indralaya Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti proses pembelajaran. Guru juga lebih fleksibel dalam menyusun rencana pembelajaran dan dapat menyesuaikan materi dengan kebutuhan dan minat siswa. Namun, terdapat beberapa kendala seperti kurangnya fasilitas pendukung dan keterbatasan waktu dalam mengevaluasi pencapaian kompetensi siswa. Secara keseluruhan, implementasi Kurikulum Merdeka di kelas XI TKJ 3 SMK Negeri Indralaya Selatan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, namun perlu adanya dukungan lebih lanjut dari pihak sekolah dan pemerintah untuk mengatasi kendala yang ada.

Downloads

Submitted

2024-07-02

Accepted

2024-07-02

Published

2024-07-04

How to Cite

Jery Pratama, Liniar Salsa Junita, Lisda Mulina, Yuni Isnaini, Irjaini Saputra, & Dwi Noviani. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dengan Kurikulum Merdeka Di Kelas XI TKJ 3 SMK Negeri Indralaya Selatan . Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(2), 277–294. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i2.692