Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’limul Muta’alim Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakteristik

Authors

  • Dessy Kurnia Mulyani STAI Ibnu Rusyd, Lampung, Indonesia
  • Agus Nur Alam STAI Ibnu Rusyd, Lampung, Indonesia
  • Sukawati STAI Ibnu Rusyd, Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i2.749

Keywords:

Pendidikan Akhlak, Ta'limul Muta'alim, karakteristik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan akhlak yang ada di dalam Kitab Ta’limul Muta’alim dan relevansinya dengan Pendidikan karakteristik. Penelitian ini jenis kualitatif dengan metode analisis konsep. Pendidikan merupakan suatu proses penanaman kebijaksanaan pada diri anak atau siswa. Pendidikan akhlak merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan kerena dalam menuntul ilmu hubungan antara murid dan guru harus sesuai dengan etika dan moral yang baik. Hasil penelitian Pendidikan akhlak dalam kitab Ta’limul Muta’allim antara lain akhlak terhadap ilmu dan akhlak terhadap guru. Seorang murid dalam menuntut ilmu harus memperhatikan akhlaknya terhadap ilmu maupun ahli ilmu. Relevansina dengan Pendidikan karakteristik sesuai dengan yang dilaksanakan sekolah, sekolah juga menginginkan peserta didik yang memiliki akhlak yang baik dan kitab Ta’limul Muta’allim ini juga bisa menjadi alat yang penting bagi penuntut ilmu supaya akhlak dan moral peserta didik tidak rusak dengan perkembangan zaman.

Downloads

Submitted

2024-08-20

Accepted

2024-08-22

Published

2024-08-23

How to Cite

Dessy Kurnia Mulyani, Agus Nur Alam, & Sukawati. (2024). Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’limul Muta’alim Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakteristik. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(2), 417–428. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i2.749