Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’limul Muta’alim Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakteristik
DOI:
https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i2.749Keywords:
Pendidikan Akhlak, Ta'limul Muta'alim, karakteristikAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan akhlak yang ada di dalam Kitab Ta’limul Muta’alim dan relevansinya dengan Pendidikan karakteristik. Penelitian ini jenis kualitatif dengan metode analisis konsep. Pendidikan merupakan suatu proses penanaman kebijaksanaan pada diri anak atau siswa. Pendidikan akhlak merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan kerena dalam menuntul ilmu hubungan antara murid dan guru harus sesuai dengan etika dan moral yang baik. Hasil penelitian Pendidikan akhlak dalam kitab Ta’limul Muta’allim antara lain akhlak terhadap ilmu dan akhlak terhadap guru. Seorang murid dalam menuntut ilmu harus memperhatikan akhlaknya terhadap ilmu maupun ahli ilmu. Relevansina dengan Pendidikan karakteristik sesuai dengan yang dilaksanakan sekolah, sekolah juga menginginkan peserta didik yang memiliki akhlak yang baik dan kitab Ta’limul Muta’allim ini juga bisa menjadi alat yang penting bagi penuntut ilmu supaya akhlak dan moral peserta didik tidak rusak dengan perkembangan zaman.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License








