Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SD IT Al- Furqon Madina
DOI:
https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.629Keywords:
Motivasi Belajar, Media Audiovisual, Pembelajaran IPSAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya rasa keingintahuan peneliti tentang penerapan media audio visual yang digunakan dalam pembelajaran IPS di SD IT Al-Furqon Madina. Media audio visual merupakan media yang menampilkan gambar dengan suara sehingga pembelajaran menggunakan media ini menjadi semakin menarik. Sejumlah peralatan yang digunakan guru dalam menyampaikan konsep, gagasan dan pengalaman yang ditangkap oleh indera penglihatan dan pendengaran berdasarkan pengertian-pengertian yang telah diberikan. Penerapan media pembelajaran audio visual didasari adanya masalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran yang menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam memperhatikan pelajaran. Metode ceramah yang monoton membuat perhatian siswa akan pembelajaran berkurang sehingga diperlukan sebuah perangkat pembelajaran yang menarik serta dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran media pembelajaran audiovisual dalam meningkatkan motivasi belajar IPS siswa di tingkat SD/MI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Dari analisis data, ditemukan bahwa minat belajar siswa meningkat setelah menggunakan media pembelajaran audiovisual dibandingkan hanya dengan metode ceramah.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License Terms..