Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Pada Kemampuan Pemecahan Masalah
DOI:
https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.881Keywords:
Model Kooperatif, Team Assisted Individualization (TAI), Kemampuan Pemecahan Masalah, FisikaAbstract
Kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran fisika yang masih terbilang rendah yang melatar belakangi penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan penerapan model kooperatif tipe team assisted individualization (TAI). Penelitian ini berbasis eksperimen semu dengan Nonequivalent Control Group Design. Sampel merupakan peserta didik kelas 7C sebagai kelas eksperimen dan kelas 7A sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data dengan observasi keterlaksanaan model dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data yang dilakukan ialah dengan mealakukan uji instrumen, uji prasyarat, menentukan persentase keterlaksanaan model, dan uji-t. Hasil penelitian observasi keterlaksanaan model mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase 87,5%. Hasil uji t yang didapatkan dengan taraf signifikansi 5% adalah T hitung > T tabel dengan nilai yang diperoleh sebesar 6,498 > 1,671 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut mengindikasikan adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulannya penelitan ini didapati pembelajaran model kooperatif tipe TAI yang terlaksana dengan sangat baik mampu membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License Terms..