Aplikasi Metode Partisipatori, Kelebihan Dan Kelemahannya Dalam Pembelajaran Fiqh Di Madrasah

Penulis

  • Wahdaniah Putri Prodi Pendidikan Agama Islam, UIN Raden Fatah Palembang
  • Muflihah Prodi Pendidikan Agama Islam, UIN Raden Fatah Palembang
  • Annisa Tuzzahra Prodi Pendidikan Agama Islam, UIN Raden Fatah Palembang
  • Nadya Putri Mukhlisa Prodi Pendidikan Agama Islam, UIN Raden Fatah Palembang
  • Arsandy Prodi Pendidikan Agama Islam, UIN Raden Fatah Palembang
  • Dwi Noviani Prodi Pendidikan Agama Islam, UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v1i1.142

Kata Kunci:

Metode Partisipasi, Pembelajaran, Fiqh

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih mendalam konsep dasar metode Partisipatori serta kelebihan dan kelemahannya dalam pembelajaran fiqih di madrasah, melalui pendekatan kualitatif. Penelitian ini dibuat berdasarkan mata kuliah pembelajaran fiqih di madrasah pada materi aplikasi metode partisipatori kelebihan dan kelemahannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode studi Pustaka yaitu menghimpun serta menganalisis dokumen tertulis, gambar karya ataupun elektronik, dan hasilnya menunjukkan bahwa metode partisipatori merupakan suatu metode pembelajaran yang memberikan peran lebih aktif terhadap peserta didik, sementara pendidik menjadi pemandu dan fasilitator yang mendukung proses pembelajaran. Pembelajaran berdasarkan proses dan pola induktif, tidak hanya terfokuskan kepada pendidik, dan dapat menimbulkan suasana pembelajaran yang tidak membosankan sehingga mendukung proses pembelajaran agar mencapai tujuan pembelajaran.

 

Telah diserahkan

2023-06-08

Diterbitkan

2023-06-08

Cara Mengutip

Wahdaniah Putri, Muflihah, Annisa Tuzzahra, Nadya Putri Mukhlisa, Arsandy, & Dwi Noviani. (2023). Aplikasi Metode Partisipatori, Kelebihan Dan Kelemahannya Dalam Pembelajaran Fiqh Di Madrasah. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 1(1), 123–132. https://doi.org/10.61930/pjpi.v1i1.142