Konsep Kurikulum KMMB dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61930/pjpi.v1i3.441Kata Kunci:
Konsep, Kurikulum Merdeka, Merdeka BelajarAbstrak
Pada saat ini kurikulum terus berkembang dari zaman ke zaman, selain itu menteri pendidikan membuat kebijakan baru, yaitu kurikulum merdeka, merdeka belajar (KMMB) dengan begitu, diharapkan dengan adanya kurikulum yang baru ini peserta didik mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta upaya untuk memperbaiki sistem pendidikan nasional yang siap akan tantangan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep kurikulum kmmb dalam pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah library research atau studi kepustakaan dengan cara mengkaji berbagai leterature yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kurikulum merdeka merdeka belajar yaitu ada dua yang pertama pembelajaran berbasis proyek, yang mana pembelajaran tersebut bertujuan mengembangkan soft skill serta karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila, fokus pada materi esensial, sehingga waktu untuk pembelajaran kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi lebih luas atau lebih mendalam lagi. Yang kedua kemndikbud berkomitmen untuk menciptakan pelajar pancasila, yang mana pelajar pancasila ini merupakan perwujudan pelajar indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat, yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila seperti bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif. Tidak hanya itu, dalam penelitian ini juga mendeskripsikan mengenai pengertian, prinsip, kelebihan dan kekurangan kmmb dalam pendidikan.
Unduhan
Telah diserahkan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License