Strategi Pendidikan Islam Kontekstual Dalam Menyongsong Era Disrupsi Digital

Penulis

  • Fatimah Aliah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Dodi Irawan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.549

Kata Kunci:

Strategi, Pendidikan Islam, Era Disrupsi

Abstrak

Artikel ini membahas beberapa strategi pendidikan Islam kontekstual yang dapat diterapkan dalam menghadapi era disrupsi digital. Pertama, pendidikan Islam harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai media pembelajaran yang efektif. Kedua, pendidikan Islam harus mampu memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan menghadapi era digital. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan pemanfaatan teknologi digital secara bijak. Ketiga, pendidikan Islam harus memberikan pengajaran yang relevan dengan konteks zaman, termasuk mengajarkan prinsip-prinsip Islam yang sesuai dengan kondisi dan perkembangan zaman. Kesimpulannya, artikel ini menggarisbawahi pentingnya penerapan strategi pendidikan Islam kontekstual dalam menyambut era disrupsi digital. Dalam hal ini pendidikan Islam harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman agar tetap relevan dan memenuhi tuntutan zaman. Strategi-strategi tersebut di atas dapat menjadi acuan dalam penerapan pendidikan Islam kontekstual di era disrupsi digital

Telah diserahkan

2024-03-29

diterima

2024-04-01

Diterbitkan

2024-04-01

Cara Mengutip

Fatimah Aliah, & Irawan, D. (2024). Strategi Pendidikan Islam Kontekstual Dalam Menyongsong Era Disrupsi Digital . Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(1), 1–12. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.549