Pengaruh Aktivitas Keberagamaan Terhadap Implementasi Moderasi Beragama Bagi Santri Pondok Pesantren Misbahul Khair

Penulis

  • Dewi Fatimah STAI Ibnu Rusyd, Kotabumi, Indonesia
  • Hariyati STAI Ibnu Rusyd, Kotabumi, Indonesia
  • Ria Sivti Fendi STAI Ibnu Rusyd, Kotabumi, Indonesia
  • Dr. Meilisa Sajdah M.Pd.I STAI Ibnu Rusyd, Kotabumi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.569

Kata Kunci:

Aktivitas Keberagamaan, Moderasi Beragama, Santri, Pondok Pesantren

Abstrak

Indonesia merupakan negara pluralistik yang memiliki berbagai macam keragaman, diantaranya keragaman suku, ras, bahasa, dan agama. Kondisi sosial antropologis penduduk Indonesia yang multi-etnik, multi-budaya, dan multi-agama tersebut berpotensi menimbulkan perpecahan. Perlu ada upaya bersama dalam rangka meningkatkan kesadaran untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan. Konsep moderasi beragama berusaha mewujudkan kemaslahatan kehidupan beragama dan berbangsa melalui penanaman nilai-nilai moderat dan toleransi di lingkungan masyarakat Indonesia. Visi yang melandasi berdirinya PP MK adalah terwujudnya Pondok Pesantren Misbahul Khair yang rahmatan lil ‘alamin memiliki keunggulan, dan kompetensi keilmuan, keislaman, dan dakwah. Sedangkan misi PP MK adalah membina kader-kader umat yang memiliki keunggulan dan kompetensi di bidang pemikiran keagamaan, keilmuan, keterampilan, pengembangan riset dengan keunggulan kemantapan akidah, kedalaman spiritual, serta keluruhan akhlak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan normatif sosiologis. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara kepada santri PP MK. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas keberagamaan di Pondok Pesantren MK mempengaruhi pembentukan karakter moderat para santri. Secara umum santri sudah memahami konsep moderasi beragama dan telah mengamalkannya dalam kehidupan bersosial.

Telah diserahkan

2024-04-05

diterima

2024-04-06

Diterbitkan

2024-04-07

Cara Mengutip

Dewi Fatimah, Hariyati, Ria Sivti Fendi, & Dr. Meilisa Sajdah M.Pd.I. (2024). Pengaruh Aktivitas Keberagamaan Terhadap Implementasi Moderasi Beragama Bagi Santri Pondok Pesantren Misbahul Khair. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(1), 37–48. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.569