Ta’lim Muta’alim Mengagungkan Ilmu Dan Ahli Ilmu

Penulis

  • Paliana Susi Akina Sekolah Tiggi Ilmu Agama Islam Ibnu Rusyd, Lampung Utara, Indonesia
  • Martoyo Sekolah Tiggi Ilmu Agama Islam Ibnu Rusyd, Lampung Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.605

Kata Kunci:

Penghormatan, Ilmu, Ahli ilmu

Abstrak

Kitab Ta’lim Muta’alim merupakan karya sastra yang ditulis oleh imam Az-Z abad pertengahan yang hingga kini masih eksis menjadi pedoman bagi kehidupan seorang muslim. Kitab ini memuat 13 pasal yang masing-masing membahas hal yang berkaitan dengan kehidupan mulai dari Pasal I tentang hakikat ilmu,fiqih, dan keutamaannya, Pasal II tentang niat dan belajar, Pasal III tentang memilih ilmu, guru, dan ketabahan, Pasal IV tentang penghormatan terhadap ilmu dan ahli ilmu, Pasal V tentang ketekunan, kontiuitas, dan minat, Pasal VI tentang permulaan belajar, kuantitas, dan tata tertib belajar, Pasal VII tentang tawakkal, Pasal VIII tentang waktu keberhasilan, Pasal IX tentang kasih sayang dan nasehat, Pasal X tentang mengambil manfaat, Pasal XI tentang wara’/hati-hati, Pasal XII tentang hal penguat hafalan dan penyebab lupa dan Pasal XIII tentang sumber dan penghambat rezeki, serta penambah dan pengurang usia. Namun, pada kesempatan kali ini penulis hanya akan berfokus pada apa yang termaktub dalam Pasal IV dari Kitab Ta’lim Muta’alim yakni tentang penghormatan terhadap ilmu dan ahli ilmu. Tujuan dari penelitian ini ialah memahami isi dari Kitab Ta’lim Muta’alim pasal IV mengenai penghormatan terhadap ilmu dan ahli ilmu. Metode penelitian yang digunakan ialah studi pustaka. Penulis mendapati tiga poin penting yang terkandung dalam pasal tersebut yang harus dimiliki oleh seorang pelajar, diantaranya:  1). Memiliki etika dan kesopanan, 2). Memposisikan diri sebagai penuntut ilmu, 3). Memposisikan seseorang yang ilmunya lebih tinggi.

Telah diserahkan

2024-05-22

diterima

2024-05-22

Diterbitkan

2024-05-23

Cara Mengutip

Paliana Susi Akina, & Martoyo. (2024). Ta’lim Muta’alim Mengagungkan Ilmu Dan Ahli Ilmu. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(1), 145–152. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.605