Peningkatan Literasi Terhadap Pendidikan Sekolah Dasar di Lubuk Torop

Penulis

  • Parulian Siregar Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Madina
  • Muhammad Alwi Nasution Hukum Ekonomi Syariah (HES) STAIN Madina
  • Rafika Lestari Perbankan Syariah (PS) STAIN Madina
  • Nur Halimah Perbankan Syariah (PS) STAIN Madina
  • Syafnaldi Perbankan Syariah (PS) STAIN Madina
  • Heru Ibrahim M. Pulungan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAIN Madina
  • Siti Hajar Ekonomi Syariah (ES) STAIN Madina
  • Rizki Rahayu Ekonomi Syariah (ES) STAIN Madina
  • Putri Marwah Tadris Bahasa Inggris (TBI) STAIN Madina
  • Cindi Aulia Tadris Bahasa Inggris (TBI) STAIN Madina

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.608

Kata Kunci:

Pendidikan, Literasi, Observasi, Sekolah Dasar, Lubuk Torop

Abstrak

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melelui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan Latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang. Pendidikan ialah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Dengan demikian, pendidikan yang baik harus menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan, serta mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa. Namun, fakta di lapangan peneliti mendapatkan ketidak sesuaian budaya pendidikan dengan pendidikan yang dikatakan baik, seperti kedisiplinan, kurikulum yang tidak sesuai dengan peraturan pendidikan. Dan penerapan literasi dasar masih kurang. Literasi memiliki makna yang sangat luas bisa juga dikatakan kemampuan individu dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Untuk bentuknya Literasi banyak sekali bebrapa diantaranya adalah baca tulis,Numerasi, dan Sains.  Dari bentuk-bentuk diatas  anak-anak sekolah dasar khususnya di lubuk torop memiliki kendala di literasi yang rendah dengan berbagai alasan salah satunya adalah yang penulis jabarkan bahwa lembaga pendidikan ,baik pendidik ya dan masyarakatnya masih jauh dari kata sempurna. Tingkat literasi anak yang rendah di lubuk torop ditandai dari kurangnya buku bacaan anak di sekolah, Tidak adanya hiasan dinding kelas yang bisa dijadikan bahan bacaan anak-anak sekolah dasar kemudian tidak adanya perpustakaan disekolah dasar Lubuk torop. Kami melakukan observasi langsung ke sekolah dasar untuk mengetahui lebih dalam hal-hal dengan literasi disekolah dasar tersebut. Dengan adanya motivasi-motivasi literasi,gerakan-gerakan literasi yang ditanamkan pada sekolah dasar maka sedikit banyaknya banyak peningkatan terhadap kesadaran literasi disekolah dasar.

Telah diserahkan

2024-05-25

Diterbitkan

2024-05-25

Cara Mengutip

Parulian Siregar, Muhammad Alwi Nasution, Rafika Lestari, Nur Halimah, Syafnaldi, Heru Ibrahim M. Pulungan, Siti Hajar, Rizki Rahayu, Putri Marwah, & Cindi Aulia. (2024). Peningkatan Literasi Terhadap Pendidikan Sekolah Dasar di Lubuk Torop. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(1), 153–170. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.608