Hambatan dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTSN Ogan Ilir

Penulis

  • Annisa Seftiani Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya
  • Mey Sherly Shyafitri Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya
  • M. Maulana Wahhid A Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya
  • Pita Rupiani Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya
  • Riska Anggraini Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya
  • Rini Anggraini Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i2.690

Kata Kunci:

Hambatan, Tantangan, Kurikulum, Merdeka

Abstrak

Kajian ini dilakukan karena pemerintah mengeluarkan peraturan baru mengenai kurikulum pendidikan dan memperkenalkan kurikulum unik yang mengedepankan kemampuan dan karakter siswa.Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mempelajari penerapan kurikulum mandiri di MTSN Ogan Ilir.Penelitian ini dilakukan di Gunung Laudlatul Ulm dengan menggunakan penelitian  deskriptif kualitatif dengan metode wawancara.Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan  guru. Hasil survei menunjukkan bahwa guru masih mengalami rendahnya otonomi belajar, kurangnya bahan referensi, kesenjangan akses pembelajaran, dan manajemen waktu sebagai penghambat implementasi kurikulum. Di sisi lain, permasalahan yang dihadapi sektor pendidikan adalah (1) penyiapan guru (sumber daya manusia) yang menjadi pilar penerapan kurikulum mandiri; (2) kemampuan guru dalam mendukung fasilitas teknologi berbasis digital; (3) memperluas jaringan komunikasi dan kerjasama antar satuan pendidikan dan kelompok kepentingan;  (4) kesulitan dalam melaksanakan fungsi penilaian pembelajaran sebagai bagian integral pembelajaran; Penilaian pembelajaran merupakan komponen penting yang sering diabaikan sekolah dalam mencapai tujuan kurikulumnya.

Telah diserahkan

2024-07-01

diterima

2024-07-01

Diterbitkan

2024-07-01

Cara Mengutip

Annisa Seftiani, Mey Sherly Shyafitri, M. Maulana Wahhid A, Pita Rupiani, Riska Anggraini, & Rini Anggraini. (2024). Hambatan dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTSN Ogan Ilir. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(2), 261–268. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i2.690