Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning Metode Eksperimen IPAS SD
DOI:
https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.787Kata Kunci:
PBL, Eksprimen, IPAS, Hasil BelajarAbstrak
Nilai yang didapati oleh epserta didik kelas IVB mata pelajaran IPAS masih hanyak yang di bawah KKM dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dari pengamatan yang dilakukan diketahui metode guru yang menyampaikan materi melalui ceramah dan penugasan sehingga berdampak pada hasil belajarnya. Penelitian ini memiliki tujuan sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS dengan menerapkan model PBL metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus dengan subjek penelitian yaitu 23 peserta didik kelas IVB. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik yang mana pada pra-siklus persentase ketuntasan belajar peserta didik hanya sebesar 35%, meningkat pada siklus I menjadi 57% pada siklus II menjadi 87% . Peningkatan aktivitas guru siklus I sebesar 89% dan peserta didik 84% sedangkan siklus II sebesar 98% pada aktivitas guru dan peserta didik 93%.
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
License Terms..