Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Indra Penglihatan

Penulis

  • Gita Marisa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Siti Azizah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Rachmani SDN Putat Jaya IV Surabaya, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.788

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Indra Penglihatan, IPAS, Model Pembelajaran, Problem Based Learning

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan apakah penerapan PBL di pembelajaran kelas IV materi indra penglihatan mampu meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan PTK yang dilakukan di kelas dengan menggunakan dua siklus: siklus I dan siklus II, keduanya dimulai setelah pra-siklus. Penelitian ini melibatkan 27 siswa kelas IV SDN Putat Jaya IV Surabaya, dimana hanya 19% hasil siswa terpenuhi dalam pra-siklus, selanjutnya menurut hasil penelitian siklus I yang menggunakan PBL dalam pelajaran IPAS materi indra penglihatan mampu meningkatkan dengan ketuntasan naik menjadi 33,3%; namun, karena masih kurang mencapai tujuan. Maka siklus II dilakukan dengan menggunakan pembelajaran PBL yang sama dan membentuk kelompok kecil (Small Group Discussion). Tingkat penyelesaian hasil pembelajaran naik menjadi 81,5% pada Siklus II. Sehingga, dapat dikatakan bahwa meningkatnya hasil belajar siswa jika menerapkan PBL.

Telah diserahkan

2024-10-06

diterima

2024-10-10

Diterbitkan

2024-10-12

Cara Mengutip

Gita Marisa, Siti Azizah, & Rachmani. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Indra Penglihatan. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(3), 497–510. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.788