Penerapan Model PBL Melalui PPT Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 2 SD
DOI:
https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.789Kata Kunci:
PBL, PPT, Interaktif, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas 2 pada materi mengenal pola kalimat di SDN Putat Jaya 4 Surabaya melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan PowerPoint interaktif. Model PBL dipilih untuk mendorong pemikiran kritis dan pemecahan masalah, sementara PPT interaktif digunakan untuk meningkatkan minat dan keterlibatan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga tahap: pra-siklus, siklus 1, dan siklus 2, dengan 28 peserta didik sebagai subjek. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai rata-rata peserta didik, dari 65,3 pada pra-siklus menjadi 85,7 pada siklus 2, serta peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai nilai di atas KKM dari 35% menjadi 85%. Selain itu, keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran meningkat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi PBL dan PPT interaktif merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
License Terms..