Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen Pada Materi Indra Perasa Kelas IV SDN Putat Jaya IV Surabaya

Penulis

  • Herlin Afifah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Prodi Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Siti Azizah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Prodi Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Rachmani Sekolah Dadar Negeri Putat Jaya IV Putat Jaya, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.790

Kata Kunci:

Hasil belajar, Metode Eksprimen, Indra Perasa

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS Bab Panca Indra. Bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode eksperimen pada materi indra perasa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan prosedur peneitian dilaksanakan dalam 2 siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 diawali dengan pra siklus. Penelitian ini dilakukan di SDN Putat Jaya IV Surabaya dengan subjek penelitiannya siswa kelas IV sejumlah 27 siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan metode eksperimen pada materi indra perasa menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Pada tahap pra siklus diperoleh rata-rata 60 dengan persentase ketuntasan yakni 25,93%. Pada siklus I mengalami peningkatan dari pra sikus diperoleh rata-rata 74 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 44,44%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I mencapai nilai rata-rata 83dengan persentase siswa tuntas sebesar 74,07%. Hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen  dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi indra perasa kelas IV.

Telah diserahkan

2024-10-07

diterima

2024-10-10

Diterbitkan

2024-10-12

Cara Mengutip

Herlin Afifah, Siti Azizah, & Rachmani. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen Pada Materi Indra Perasa Kelas IV SDN Putat Jaya IV Surabaya. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(3), 483–496. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.790