Kurikulum Bahasa Arab Berbasis Pesantren Di SMP Ar Rohmah Putri 1 Malang
DOI:
https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.795Kata Kunci:
Kurikulum, PesantrenAbstrak
Artikel ini membahas implementasi kurikulum berbasis pesantren. Kajiannya dilatar belakangi oleh keberadaan Pondok Pesantren yang hingga sampai saat ini dianggap sebagai Lembaga Pendidikan tradisional. Hal ini disebabkan karena banyak lulusan pondok pesantren yang kualitasnya masih kurang memadai apabila terjun langsung ke masyarakat. Oleh karena itu, adanya kolaborasi antara kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren adalah solusi yang tepat untuk menjawab tantangan hadirnya dunia baru yang semakin maju yaitu derasnya derasnya arus globalisasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Ar Rohmah Putri 1 Malang yang mana lingkungannya dalam naungan Pesantren. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, sedangkan strategi yang diunakan yaitu studi kasus. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan Teknik wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti, diperoleh bahwa kurikulum yang diterapkan di SMP Ar Rohmah Putri 1 Malang adalah kurikulum yang berkolaorasi atau terintegrasi antara kurikulum sekolah dan kurikulum pesantren. Kemudian penerapan kurikulum sekolah berbasis harus mengikuti tahapan: perencanaan (menentukan tujuan satu tahunkedepan), pengorganisasian (pengelompokan kelas sesuai jenjang), pelaksanaan kurikulum (dilaksanakan setiap hari sesuai jadwal pembelajaran), pengawasan (melakukan supervise terhadap guru), evaluasi (melakukan ulangan harian, pemberian tugas, melakukan ujian akhir semester). Sedangkan dalam kendala pengimplementasian kurikulum berbasis pesantren di SMP Ar Rohmah Putri 1 Malang adalah kendala pemenuhan sarana dan prasarana, kurangnya sumber daya manusia, kurangnya pelatihan terhadap guru.
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
License Terms..