Pendidikan Karakter Perspektif Imam Al-Ghazali dan Relevansinya terhadap Kurikulum Merdeka

Penulis

  • Zahra Khairunnisa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru
  • Laila Sari Rambe Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru
  • Aryuna Amalia Harahap Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru
  • Ronal Ramadhan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru
  • Herlini Puspika Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.820

Kata Kunci:

pendidikan karakter, Al-Ghazali, kurikulum merdeka

Abstrak

Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan berintegritas. Dalam konteks pendidikan di Indonesia, Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menjawab tantangan tersebut dengan pendekatan yang lebih fleksibel dan relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep pendidikan karakter dari perspektif Imam Al-Ghazali dan relevansinya terhadap Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah library research, dengan menganalisis berbagai literatur yang membahas pemikiran Al-Ghazali dan implementasinya dalam pendidikan saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter Al-Ghazali sangat relevan untuk diterapkan dalam Kurikulum Merdeka, meskipun terdapat tantangan dalam implementasinya. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa integrasi nilai-nilai Al-Ghazali dalam pendidikan karakter dapat memperkuat fondasi moral dan etika peserta didik di era modern ini.

Telah diserahkan

2024-10-30

diterima

2024-10-31

Diterbitkan

2024-11-02

Cara Mengutip

Zahra Khairunnisa, Laila Sari Rambe, Aryuna Amalia Harahap, Ronal Ramadhan, & Herlini Puspika Sari. (2024). Pendidikan Karakter Perspektif Imam Al-Ghazali dan Relevansinya terhadap Kurikulum Merdeka. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(3), 537–546. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.820