Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Keagamaan di UPTD SD Negeri Kemayoran 01 Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.855Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam, Kegiatan KeagamaanAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana UPTD SD Negeri Kemayoran 01 Bangkalan mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan. Fenomena degradasi moral siswa menjadi motivasi untuk hal ini, menggarisbawahi pentingnya pendidikan karakter, yang mencakup kegiatan keagamaan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus dan metodologi kualitatif dengan metode pengumpulan data yang meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) kegiatan keagamaan di UPTD SD Negeri Kemayoran 01 Bangkalan meningkatkan pendidikan karakter meliputi kegiatan berjabat tangan atau berjabat tangan dengan guru setibanya di sekolah, apel asmaul husna, mengaji dengan metode UMMI, kegiatan sholat duha berjamaah. Kegiatan sholat duhur berjamaah, ekstrakulikuler seni hadrah, ekstrakulikuler pildacil, ekstrakulikuler karawitan, ekstrakulikuler MHQ, ekstrakulikuler MTQ, dan PHBI (2) Karakter yang terbentuk pada diri peserta didik melalui kegiatan keagamaan di UPTD SD Negeri Kemayoran 01 Bangkalan diantaranya nilai karakter religius, disiplin, peduli, komunikatif, jujur, tanggung jawab, dan kerja keras (3) Di UPTD SD Negeri Kemayoran 01 Bangkalan, alasan internal (yang berasal dari siswa itu sendiri) dan pengaruh dari luar (lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, sarana dan prasarana).
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
License Terms..