Membentuk Karakter Islami Berbasis Nilai Nilai Tasawuf di Pendidikan Dasar

Penulis

  • Siti Mukholifah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Chafidatur Rohmatika Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Ulfa Nurfitri Aprilia Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Muhammad Romadlon Habibullah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.958

Kata Kunci:

Karakter Islami, Tasawuf, Pendidikan Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memahami penerapan karakter islami pada siswa pendidikan dasar melalui nilai-nilai tasawuf. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, analisis dokumen dan survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai tasawuf seperti kesabaran, keikhlasan, kepercayaan diri, kesadaran spiritual dan keterhubungan dengan Allah dapat membentuk karakter islami yang kuat pada siswa. Implementasi nilai-nilai tasawuf dalam proses pembelajaran dapat dilakukan melalui kegiatan keagamaan (sholat bersama, pembacaan Al-Qur’an) dan diskusi kelompok tentang nilai-nilai tasawuf. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan pendidikan karakter islami di pendidikan dasar dan memberikan rekomendasi bagi guru, orang tua dan pengembang kurikulum.

Telah diserahkan

2025-01-01

diterima

2025-01-02

Diterbitkan

2025-01-02

Cara Mengutip

Siti Mukholifah, Chafidatur Rohmatika, Ulfa Nurfitri Aprilia, & Muhammad Romadlon Habibullah. (2025). Membentuk Karakter Islami Berbasis Nilai Nilai Tasawuf di Pendidikan Dasar. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(3), 647–654. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.958