Intervensi Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) dan Lomba Balita Sehat di Desa Pancamukti Kabupaten Bengkulu Tengah
DOI:
https://doi.org/10.61930/jurnaladm.v2i1.419Keywords:
SDIDTK, Guru PAUD, Anak PAUD, Lomba Balita SehatAbstract
Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) menjadi kunci dalam mengidentifikasi dan mencegah gangguan tumbuh kembang pada anak. Fokus utama Pengabdian kepada Masyarakat adalah meningkatkan pengetahuan Guru PAUD, orang tua anak PAUD, dan ibu balita tentang pentingnya pemantauan pertumbuhan dan perkembangan melalui SDIDTK. Kegiatan, dilaksanakan pada 16-28 Januari 2023 di Desa Pancamukti, mencakup penyuluhan dan intervensi SDIDTK di PAUD RA Uswatun Hasana, lomba balita sehat, dan kunjungan keluarga binaan. Hasil evaluasi menunjukkan kesuksesan pelaksanaan program dengan partisipasi masyarakat yang sangat baik, khususnya dari Guru PAUD, orang tua, anak PAUD, dan balita. Semua anak PAUD aktif mengikuti SDIDTK, menunjukkan tingkat antusiasme yang tinggi. Lomba Balita Sehat juga mendapat dukungan tinggi, dengan 90% sasaran hadir dalam kegiatan tersebut. Evaluasi positif mencerminkan tingkat kesadaran yang tinggi terhadap pentingnya pemantauan tumbuh kembang anak. Rekomendasi program mencakup kelanjutan kegiatan pemantauan tumbuh kembang anak secara berkala dan pendampingan keluarga dengan balita. Kesuksesan program ini menjadi dasar untuk pengembangan inisiatif serupa di masa depan, mendukung kesehatan dan perkembangan optimal anak-anak dalam komunitas. Program ini memberikan harapan untuk kelanjutan kegiatan pemantauan tumbuh kembang anak di wilayah tersebut dan dapat menjadi model bagi inisiatif serupa di tempat lain.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Demsa Simbolon, Lula Rulia Agustin, Mutiara Ba’es, Mutiara Shaum, Dwi Nesa, Edwin Mardiansyah, Kiki Gadistya Ari Safitri, Endah Dwika Syari, Hana Ayu Puspaningrum, Karisma Cindy Roza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.