Peningkatan Kinerja Ukm Fashion Dengan Pendekatan Modificative Efficiency In Garment Assembly, Tailoring, And Repairing Operations Network (Megatron)

Authors

  •  Angga Dutahatmaja  Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya, Indonesia
  •  Achmad Yanu Alif Fianto  Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61930/jurnaladm.v2i1.536

Keywords:

Banyuurip, Konveksi, Penjahit, Digital Marketing

Abstract

Desa Banyu Urip merupakan daerah yang memiliki berbagai macam potensi usaha. Saat ini Desa Banyu Urip dikenal dengan kampung 1001 bunga. Hal ini dikarenakan desa Banyu Urip menjadi sentra penjualan tanaman hias. Mayoritas penduduk menjadi petani bunga hias. Selain itu terdapat beberapa usaha atau umkm kecil lainnya, seperti makanan, minuman, dan usaha-usaha kecil lainnya. Mitra kami merupakan salah satu pelaku usaha kecil di Desa Banyu Urip yang bergerak dibidang konveksi atau penjahit, yang usaha tersebut merupakan usaha yang beda dari usaha kebanyakan yang berada di Desa Banyu Urip. Usaha tersebut sudah ditekuni selama kurang lebih 5 tahun. Usaha tersebut terletak di rumah. Saat ini usaha tersebut berjalan secara konvensional. Mitra menunggu pelanggan datang ke rumah untuk memakai jasanya, terkadang mitra juga mengambil bahan atau barang yang akan dijahit oleh mitra ke rumah atau ke tempat pelanggannya kemudian dibawa pulang kembali ke rumah mitra untuk dijahit. Saat ini mitra ingin memiliki alat jahit yang dapat digunakan secara mobile, sehingga mitra tidak menunggu orderan datang, tapi mitra ingin menjemput orderan tersebut. Selain itu, dalam mengembangkan usahanya, mitra ingin mengembangkan wawasannya di dunia digital marketing, sehingga usaha yang dijalankan oleh mitra saat ini dapat dikenal oleh masyarakat lebih luas, karena saat ini, usaha mitra hanya dikenal oleh tetangga tempat tinggal mitra. Program Kegiatan pengabdian masyarakat ini akan mendukung  kegiatan dalam jangka pendek yaitu pembinaan  dan pendampingan usaha, pelatihan digital marketing. Jangka menengah: sebagai keberlanjutan pasca program pengabdian masyarakat tahun 2023, tim pelaksana juga akan melakukan pemetaan ulang  usaha setempat yang berpotensi mendukung pengembangan usaha mitra saat ini. Pemetaan ini diharapkan menjadi acuan upaya keberlanjutan program mandiri masyarakat.

Downloads

Published

2024-03-21

How to Cite

Dutahatmaja, A., & Achmad Yanu Alif Fianto. (2024). Peningkatan Kinerja Ukm Fashion Dengan Pendekatan Modificative Efficiency In Garment Assembly, Tailoring, And Repairing Operations Network (Megatron). ADM : Jurnal Abdi Dosen Dan Mahasiswa, 2(1), 87–96. https://doi.org/10.61930/jurnaladm.v2i1.536