Pelatihan Jurnalistik Untuk Mengkatkan Intelektual Habit Dengan Badaya Literasi Kritis Bagi Mahasiswa

Authors

  •  Anhar  Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.61930/jurnaladm.v2i2.712

Keywords:

Mahasiswa, Intelectual habit, Literasi Kritis Hoaks, Jurnalistik

Abstract

Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk; (1) untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang intelektual habit baik dalam hal penggunaan teknologi informasi, meningkatkan pengetahuan teoritis tentang teknologi m fact-checking maupun kesadaran etika jurnalistik, (2) penguatan kesadaran  literasi kritis mahasiswa melalui dalam hal berita hoaks  dengan pendekatan teks akademik genre makro dalam berbagai perspektif, (3) sebagai bentuk tanggung jawab dunia pendidikan pada pembentukan karakter generasi bangsa yang cerdas dan kritis, kemudian mensosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat sekitarnya. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan metode sharing scientia hyperlink   teks yaitu dengan tahap (1) metode ceramah dengan memberikan pengantar teori jurnalistik, (2) sesi diskusi identifikasi berita hoax melalui literasi kritis, (3) sesi praktek menulis dengan gaya atau ragam jurnalistik. Hasil kegiatan ini diharapkan dapat, (1)  mengembangkan budaya literasi kritis di kalangan mahasiswa, menjadikan mereka agen perubahan yang lebih siap menghadapi tantangan di era teknologi 4.0 dalam mengenali dan memverifikasi berita hoaks, (2) meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya memiliki intelektual habit sebagai kesiapan dalam menghadapi gempuran teknologi era 4.0 yang semakin kompleks, (3) keberanian mahasiswa dalam menyampaikan opini melalui tulisan.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Anhar. (2024). Pelatihan Jurnalistik Untuk Mengkatkan Intelektual Habit Dengan Badaya Literasi Kritis Bagi Mahasiswa. ADM : Jurnal Abdi Dosen Dan Mahasiswa, 2(2), 229–236. https://doi.org/10.61930/jurnaladm.v2i2.712