Pengaruh Beban Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Loyalitas Kerja Terhadap Kualitas Kerja Pada PT. Arya Mobile
DOI:
https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i2.206Keywords:
Beban Kerja, Kepuasan Kerja, Loyalitas, Kualitas KerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh beban kerja (X1), kepuasan kerja (X2), dan loyalitas kerja (X3) terhadap kualitas kerja karyawan (Y) pada PT Arya Mobile, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, populasi dalam penelitian ini sebanyak 251 karyawan. Kemudian diambil sampel dengan rumus slovin sehingga diperoleh sebanyak 72 karyawan. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji determinasi (R Square), uji t dan uji f. Sebagai metode penelitian statistik menggunakan SPSS. Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara simultan beban kerja (X1), kepuasan kerja (X2), dan loyalitas kerja (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas kerja karyawan (Y) pada PT Arya Mobile Dari hasil Uji T variabel beban kerja, kepuasan kerja, dan loyalitas kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas kerja karyawan. Dengan menggunakan Uji F variabel variabel beban kerja, kepuasan kerja, dan loyalitas kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas kerja karyawan. Sementara nilai adjust R Square sebesar 0,595 menjelaskan bahwa simultan variabel beban kerja, kepuasan kerja, dan loyalitas kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas kerja karyawan pada PT Arya Mobile sebesar 59,5% sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
References
Adhan, M., Jufrizen, J., Prayogi, M. A., & Siswadi, Y. (2019). Peran Mediasi Komitmen Organisasi pada Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Dosen Tetap Universitas Swasta di Kota Medan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.33059/jseb.v11i1.1654
Chairunnisah, R., KM, S., & Mataram, P. M. F. H. (2021). Teori sumber daya manusia. In Kinerja Karyawan. http://digilib.uinsgd.ac.id/40781/1/KINERJA KARYAWAN 2 CETAK.pdf#page=38
Cakranegara, P. A., Mulyadi, M., Asir, M., & Haryono, A. (2022). Analisis Peran Kompetensi, Gaya Kepemimpinan Suportif dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Manufaktur Nasional. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 3078-3085.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hendri, E. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik Terhadap Kepuasan Kerja dan kinerja Karyawan Pada PT. Asuransi Wahana Tata Cabang Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 9(3), 1–16.
Kumar, S., & Samtani, J. (2021). The Influence of Customer Service Quality towards Customer Satisfaction and its implication on Loyalty: A Survey on MICE Customers in Hotels. FIRM Journal of Management Studies, 6(2), 143. https://doi.org/10.33021/firm.v6i2.1542
Mulyadi. (2019). DAN ASURANSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA JASA PPJK PADA PT . VTRANS INTERNATIONAL BATAM Mulyadi Adapun Keputusan Pengguna jasa. 6(2), 345–349.
Nurcahyo, A., Rangga, Y. D. P., Mukhtadi, M., Munajat, M., Mulyadi, M., Masripah, I., ... & Sudirman, A. (2022). PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA.
Nurimansjah, R. A., Kardini, N. L., & Idrus, S. (2023). The Role of Work Stress and Working Environment on Employee Turnover Intention in Mining Company. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(2), 339-343.
Quality, P., Quality, S., Quality, P., & Hartanto, P. A. (2022). THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY , PRODUCT QUALITY AND PROMOTION TOWARDS MISS POE VIETNAM EATERY ’ S CONSUMER LOYALTY AT GWALK SURABAYA. 2022(2), 663–668.
Tanjung, R., Mulyadi, M., Romi, H. A., Hadi, M. A., & Jazuli, J. (2022). The Effect Of Work Motivation, Human Relation, Work Discipline, And Work Ethos On The Performance Of Polri. Asian Journal of Management, Entrepreneurship and Social Science, 2(04), 352-363.
Sugianti, D. A., Purwanti, R. S., & Basari, M. A. (2020). PENGARUH HUMAN RELATION TERHADAP ETOS KERJA PEGAWAI (Studi pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman). Bussiness Management And Entrepreneurship Journal, 2, 26–38.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Wijaya, V. S., & Wismantoro, Y. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Kepercayaan Nasabah Asuransi Jiwasraya Cabang Kudus. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 101–113. https://doi.org/10.33633/jpeb.v2i2.2276
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Syarifuddin, M. Sapuan, M. Aras, M. Arfa, Lukman Hakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.